Seputar Tulungagung™  ~   Berita Tulungagung Hari Ini 

126 Siswa Tulungagung Tidak Lulus, 2 Dari SMA Favorit

Minggu, 25 April 2010 | 04.43.00 | 0 komentar

Tulungagung - Kendati mengalami peningkatan dari segi prosentase kelulusan siswa SMA/SMK yang mengikuti ujian nasional (UN), namun masih ada 126 siswa di Tulungagung yang dinyatakan tidak lulus. Ironisnya, dua siswa di antaranya merupakan siswa SMAN 1 Boyolangu, sekolah terfavorit di Kota Marmer.

Sesuai data Dinas Pendidikan Pemkab Tulungagung, dari 3.752 siswa SMA se-Tulungagung yang mengikuti UN, 3.669 siswa dinyatakan lulus atau 98,59%. Sedang tingkat SMK yang lulus sebanyak 3.545 siswa dari 3.618 siswa yang mengikuti UN atau jumlah kelulusannya mencapai 97,98%.

Di tingkat SMA, tercatat paling banyak siswanya yang tidak lulus UN adalah SMA Jawahirul Hikmah (JH) Kecamatan Besuki yakni sebanyak 25 siswa. Rinciannya, 14 siswa dari program IPA dan 11 siswa program IPS. Sementara dari SMA Negeri, selain SMAN 1 Boyolangu yang dua siswanya dari program IPS tidak lulus UN, SMAN 1 Kalidawir juga menyumbang empat siswanya dari program Bahasa yang tidak lulus UN.

SMA Negeri yang berhasil meloloskan semua siswanya dalam UN tahun 2009/2010 di Tulungagung hanya ada tiga lembaga. Ketiga sekolah itu adalah SMAN 1 Kedungwaru, SMAN Kauman dan SMAN Gondang. Selain SMAN tersebut SMAN lainnya di Tulungagung dipastikan ada siswanya yang tidak lulus UN tahun ini.

Kabid Pendidikan Menengah Dinas Pendidikan Pemkab Tulungagung, Drs Maryaji, Minggu (25/4/2010), menyatakan, kendati masih ada siswa yang belum lulus UN, namun dari prosentase kelulusan ada kenaikan dari tahun lalu. “Untuk tingkat SMA dan SMK semuanya prosentase kelulusannya ada kenaikan 1% dari tahun lalu,” ujarnya.

Bahkan diungkapkannya untuk tingkat Jatim, secara kelembagaan sekolah, nilai rata-rata siswa SMA program IPA dan IPS Tulungagung menempati peringkat 5 besar yakni dengan total nilai 49,78 dan 46,28. “Secara personal siswa SMKN 1 Boyolangu atas nama Zamzam Ulinuha Fahim mendapat nilai UN 48,80 dan ini masuk peringkat 5 besar Jatim nilai UN SMK atau peringkat 2 besar untuk siswa SMK Negeri se-Jatim,” paparnya lantas tersenyum.

Soal masih adanya siswa yang belum lulus UN, Maryaji berharap mereka tidak berkecil hati. Bagi yang belum lulus UN, lanjut dia, masih ada kesempatan untuk memperbaikinya dan lulus di UN ulangan yang bakal digelar pada 10-14 Mei mendatang.

Rencananya, hasil UN tingkat SMA/SMK di Tulungagung akan diumumkan, Senin (26/4/2010). Pengumuman akan dilakukan via surat pada masing-masing orangtua/wali siswa.

“Jadi siswa besok tidak masuk sekolah. Ini semua dilakukan untuk menghindari perayaan kelulusan yang berlebihan atau bahkan konvoi. Kami sudah sepakat dengan Polres melarang siswa berkonvoi dalam merayakan kelulusan,” tegasnya.

Sumber : zonaberita/25 April 2010

Posting Komentar