Seputar Tulungagung™  ~   Berita Tulungagung Hari Ini 

Tolak Bala, DPRD Tulungagung Gelar Ruwatan

Minggu, 01 Agustus 2010 | 17.04.00 | 0 komentar

Tulungagung - Khawatir terus diikuti kesialan, anggota DPRD Tulungagung, Minggu (1/8/2010) pagi melakukan ruwatan.

Acara tolak bala dilakukan selepas pagelaran wayang kulit berlakon Gatot Koco dadi Ratu ning Dewo yang digelar semalam suntuk di Kantor DPRD.

Tampil sebagai dalang pengusir Batara Kala, yakni Ki Dalang Hadi Sutrimo dari Kecamatan Sendang. Sedang dalang dalam pagelaran wayang kulit adalah Ki Dalang Eko Prisdiyanto dan Ki Dalang Jiliteng Sungkono, keduanya juga merupakan dalang lokal kota Tulungagung.

Ketua DPRD Tulungagung, Drs Isman mengakui jika pagelaran wayang dan ruwatan ditujukan untuk keselamatan anggota dewan. “Mengapa menggunakan media wayang karena memang budaya. Kami ingin semua aktifitas yang kami lakukan dalam lindungan Yang Maha Kuasa,” katanya.

Senada, Ketua Fraksi PDIP DPRD Tulungagung, Suharminto SH, mengatakan acara pagelaran wayang kulit yang sekaligus ruwatan dikhususkan untuk keselamatan warga Tulungagung dan wakil-wakilnya yang ada di Kantor DPRD. “Biar semuanya selamat,” ujarnya.

Suharminto, yang akrab disapa dengan sebutan Bedut, menjelaskan lakon Gatot Koco dadi Ratu ning Dewo dapat dijabarkan tentang kekonskuenan pada janji. “Dalam cerita itu kan Gatot Koco terpaksa mengobrak abrik Kahyangan akibat Dewa-Dewa tidak memenuhi janjinya. Baru setelah diobrak-abrik oleh Gatot Koco Dewa-Dewa memenuhi janji dan justru Gatot Koco kemudian dijadikan Ratu di Kahyangan,” paparnya.

Seperti diketahui dalam kurun waktu kurang dari setahun, sudah ada tiga kejadian yang menonjol mendera anggota DPRD Tulungagung. Yang pertama salah satu anggota dewan dari Fraksi PKNU, Agus Sukarno Putra terlibat kasus perselingkuhan dengan staf Sekretariat DPRD, kemudian disusul meninggal dunianya Nurianto alias Sadam dari Fraksi PKB. Dan baru-baru ini kembali anggota dewan digemparkan kabar duka. Ir Drs Hadi Suprajitno MM dari Partai Demokrasi Pembaruan juga meninggal dunia. (afa/isp/zonaberita.com | 1 Agustus 2010)

Posting Komentar