Seputar Tulungagung™  ~   Berita Tulungagung Hari Ini 

20 Kapal Muara Baru Jakarta Terdampar di Tulungagung

Jumat, 31 Desember 2010 | 14.07.00 | 0 komentar

Seputar Tulungagung – Sebanyak 20 kapal nelayan asal Muara Baru, Jakarta Utara, dan satu kapal tongkang pengangkut batu bara dari Kalimantan memilih bersandar di Pantai Wisata Popoh, Tulungagung, Jawa Timur, sejak Senin (27/12).

Kapal-kapal tersebut terpaksa berlabuh di wilayah tersebut karena tingginya gelombang yang terjadi di sepanjang Laut Jawa sepekan terakhir. Hal serupa juga dialami ratusan nelayan setempat yang memilih menambatkan perahu mereka karena kondisi laut sangat berbahaya.

Arman,35, nelayan Muara Baru mengatakan pihaknya tidak melanjutkan pelayaran karena tidak mau mengambil risiko. "Melihat kondisi laut, kemungkinan kami bertahan di sini tiga sampai empat hari lagi," katanya, Kamis 930/12).

Selama berlabuh di pantai tersebut, puluhan nelayan yang biasanya berburu ikan tuna dan cakalang hingga ke perbatasan Laut Australia itu terpaksa menukar hasil tangkapan mereka dengan kebutuhan sehar-hari. "Uang kami menipis, terpaksa ikan kita lego," tambah Slamet, nelayan lainnya.

Sementara itu, kapal tongkang bersama kapal tunda yang juga sandar di pelabuhan itu adalah kapal pengakut batu bara tujuan Cilacap, Jawa Tengah. Berdasarkan informasi yang diterima nelayan dari Badan Meteorologi dan Geofisika, gelombang sehingga dua meter lebih ini akan terjadi hingga 3 Januari mendatang. (OL-01)

Sumber : mediaindonesia.com

Posting Komentar