Seputar Tulungagung™  ~   Berita Tulungagung Hari Ini 

Hii... Para PSK di Tulungagung Kencing Nanah

Senin, 10 Januari 2011 | 19.47.00 | 0 komentar

Penyakit Gonorea (GO) atau kencing nanah dan Clamedia menjangkiti penghuni lokalisasi Kaliwungu, Kecamatan Ngunut dan Ngujang, Kecamatan Kedungwaru Kabupaten Tulungagung.

Dari 345 pekerja seks komersial (PSK) yang berada disana, 17 persennya atau sekitar 59 orang teridentifikasi mengidap GO. Jika dibiarkan, penyakit yang menyerang seputar alat kelamin tersebut, memberi peluang besar masuknya virus HIV/Aids.

“Kondisi tersebut tidak bisa dibiarkan begitu saja,” ujar Kasi Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Tulungagung Didik Eka kepada wartawan, Senin (10/1/2011).

Sebagai langkah pencegahan, Dinas Kesehatan bekerjasama dengan organisasi Global Fund (anak lembaga USAID), membagi obat untuk pengobatan preventif berkala (PPB).

Selama Januari, April, dan Juni 2010, menurut Didik, setiap PSK diwajibkan mengkonsumsi PPB yang diberikan secara gratis. Targetnya, angka pengidap GO dan Clamedia di lokalisasi Tulungagung menurun dibawah 10 persen. “Baik yang mengidap maupun yang sehat, semuanya diwajibkan mengonsumsi obat ini,” terang Didik.

Dalam kesempatan ini, Didik juga menjelaskan, bagaimana program pencegahan ini belum mampu menjangkau para penjaja cinta yang sifatnya terselubung. Diakui Didik sosialisasi yang dilakukan Dinas Kesehatan belum mampu menyebar di tingkatan PSK yang berada di lingkungan hotel atau cafe. “Sebab selama ini mereka tidak menjajakan diri secara terang-terangan,” paparnya.

Soal kesadaran penggunaan kondom yang terkait erat dengan fluktuasi angka pengidap penyakit kelamin, Didik mengaku masih rendah.

Selama ini 70 persen PSK di wilayah Kabupaten Tulungagung belum peduli bagaimana pentingnya alat pengaman. “Soal kesadaran penggunaan kondom, kita akan terus menggencarkan,” pungkasnya.

(Solichan Arif/Koran SI/teb)

Sumber: okezone.com

Posting Komentar