Seputar Tulungagung™  ~   Berita Tulungagung Hari Ini 

Jawa Timur Dilanda Hujan dalam Tiga Hari Mendatang

Minggu, 02 Januari 2011 | 02.10.00 | 0 komentar

Seputar Tulungagung – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Juanda Surabaya memperkirakan hujan dengan intensitas ringan-sedang terjadi hampir di seluruh daerah di Jawa Timur dalam tiga hari mendatang.

Prakirawan BMKG Juanda Surabaya Teguh Tri Susanto, Sabtu (1/1), mengatakan, pada Desember 2010 sudah memasuki musim penghujan. Distribusi uap air atau kelembaban di sekitar Jawa Timur cukup tinggi, sehingga pembentukan awan hujan cukup signifikan.

"Hal ini menyebabkan keadaan cuaca di daerah Jawa Timur untuk tiga hari kedepan umumnya berawan hujan," katanya. Arah angin umumnya dari arah Barat Daya menuju Barat Laut dengan kecepatan 05 - 45 km/jam dengan suhu udara berkisar antara 18 - 33
derajat celcius.

"Suhu udara lebih rendah jika dibandingkan dengan hari-hari sebelumnya," ujarnya.

Adapun cuaca ekstrem berupa hujan disertai badai dan petir berpotensi hampir terjadi di seluruh daerah di Jatim. "Semua daerah perlu diwaspadai mengingat hujan merata di semua daerah. Intensitas hujan paling tinggi pada Jumat (31/12) dari Malang," katanya.

Daerah Jawa Timur bagian Madura dan Bawean (Bangkalan, Sampang, Pamekasan, Sumenep, dan Bawean) cuaca umumnya berawan-hujan. Peluang hujan diperkirakan dapat terjadi pada siang, sore, malam, dini hari dengan intensitas ringan sampai lebat.

Daerah Jawa Timur bagian Utara dan Utara Tengah (Tuban, Lamongan, Gresik, Surabaya, Sidoarjo, Pasuruan, Probolinggo, dan Situbondo), cuaca umumnya berawan - hujan. Peluang hujan diperkirakan dapat terjadi pada pagi, siang, sore, malam dengan intensitas ringan sampai lebat.

Daerah Jawa Timur bagian Tengah (Ngawi, Magetan, Ponorogo, Madiun, Nganjuk, Kediri, Jombang, dan Mojokerto, Bondowoso, dan Bojonegoro), cuaca umumnya berawan - hujan. Peluang hujan diperkirakan dapat terjadi pada siang, sore, malam, dini hari dengan intensitas ringan sampai lebat.

Daerah Jawa Timur bagian Selatan dan Selatan Tengah (Pacitan, Trenggalek, Tulungagung, Blitar, Malang, Lumajang, Jember, dan Banyuwangi), cuaca umumnya berawan-hujan. Peluang hujan diperkirakan dapat terjadi pada sore, malam, dini hari dengan intensitas ringan sampai sedang. (Ant/OL-5)

Sumber: mediaindonesia.com

Posting Komentar