Seputar Tulungagung™  ~   Berita Tulungagung Hari Ini 

Retribusi Kesehatan Tahun 2011 Gratis

Kamis, 27 Januari 2011 | 18.25.00 | 0 komentar

Satu lagi kabar menggembirakan bagi warga kota Ingandaya yang berobat ke Puskesmas, Puskesdes, Pustu (Puskesmas Pembantu), maupun Polindes di seluruh wilayah Kabupaten Tulungagung, sebab mulai Januari 2011 Dinas kesehatan Kabupaten Tulungagung membebaskan retribusi bagi warga yang berobat ke Puskesmas, Puskesdes, Pustu, maupun Polindes di wilayah Kota Tulungagung.

Menurut Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tulungagung, Dr. Gatot Dwi Prijo Poerwanto, M.KK, gratisnya retribusi/karcis bagi mereka yang berobat ke Puskesmas, Puskesdes, Pustu (Puskesmas Pembantu), maupun Polindes di seluruh wilayah Kabupaten Tulungagung ini, didasari oleh perjanjian kerja sama antara Gubernur Jawa Timur dengan Bupati Tulungagung yang dituangkan pada perjanjian kerja sama dengan nomor perjanjian 120.1/155/012/2009 dan 020/1223/407.103/2009, pasal 3 yang disebutkan bahwa sasaran dalam kerja sama ini adalah masyarakat miskin kota, masyarakat non miskin kota, dan masyarakat miskin non kota.

Sementara syarat yang harus dibawa oleh warga yang berobat adalah membawa foto kopi identitas /KTP tempat tinggal di Tulungagung.

Dr. Gatot juga mengatakan meski tidak dipungut retribusi kepada warga agar tetap berperilaku hidup bersih dan sehat, "Memang dalam melakukan pelayanan pada masyarakat biaya retribusi atau karcisnya gratis, tetapi alangkah baiknya kalau masyarakat untuk berperilaku hidup bersih dan sehat, karena dengan berperilaku hidup bersih dan sehat berbagai macam penyakit bisa dihindari," ujarnya.

Untuk diketahui bahwa dalam melayani kesehatan masyarakat sewilayah Tulungagung ada 31 puskesmas, 15 diantaranya puskesmas rawat inap, 68 puskesmas pembantu dan 178 polindes/poskesdes yang tersebar di wilayah Tulungagung. (Nug/Humas)

Sumber : tulungagung.go.id

Posting Komentar