Seputar Tulungagung™  ~   Berita Tulungagung Hari Ini 

Sidang Paripurna DPRD Menetapkan Prolegda Tahun 2011

Jumat, 21 Januari 2011 | 12.40.00 | 0 komentar

Seputar Tulungagung - Di ruang Graha Wicaksana Gedung DPRD Tulungagung, Jum’at (21/01/2010) Wakil Ketua DPRD Drs. Alfin Halim, MM, memimpin rapat paripurna DPRD dalam rangka penyampaian program legislasi daerah tahun 2011 dan pengumuman perubahan alat kelengkapan DPRD Kabupaten Tulungagung.

Selain diikuti pimpinan dan anggota dewan, rapat paripurna DPRD itu juga dihadiri oleh bupati dan wakil bupati, sekda Tulungagung, serta pimpinan SKPD dan camat se-Kabupaten Tulungagung.

Bupati Tulungagung Ir. Heru Tjahjono, MM, dalam sambutannya mengatakan penetapan prolegda mengandung implikasi bahwa prioritas pembahasan ranperda untuk tahun anggaran 2011 mengacu pada apa yang sudah dituangkan ke dalam prolegda tersebut. Namun hal itu tidak berarti tertutupnya kemungkinan adanya pembahasan ranperda lain di luar yang telah ditetapkan dalam prolegda tersebut.

Dalam kondisi di mana diperlukan adanya kebijakan yang mendesak dan krusial serta menyangkut kepentingan masyarakat luas dan secara legal harus dituangkan ke dalam perda maka pembahasan ranperda lain di luar prolegda masih dimungkinkan.

Ranperda yang telah ditetapkan dalam prolegda tahun 2011 adalah sejumlah 24 ranperda, dengan rincian 14 ranperda merupakan inisiatif DPRD, antara lain empat ranperda perubahan terkait struktur organisasi dan tata kerja SKPD, ranperda tentang pembentukan badan penanggulangan bencana daerah, dan ranperda tentang ketahanan pangan.

Sedangkan sepuluh ranperda lainnya merupakan usulan dari pemerintah daerah yakni, enam ranperda terkait perijinan dan retribusi, tiga ranperda terkait APBD, dan ranperda tentang penyerahan modal pada perusahaan air minum (PDAM). (Udin/Humas)

Sumber: tulungagung.go.id

Posting Komentar