Seputar Tulungagung™  ~   Berita Tulungagung Hari Ini 

Ground Check “KALPATARU” Kabupaten Tulungagung

Kamis, 24 Maret 2011 | 18.31.00 | 0 komentar

Tulungagung - Sebagai tindak lanjut dari prestasi 7 Besar Tingkat Provinsi Jawa Timur sebagai calon penerima KALPATARU, Tim Penilai Provinsi mengadakan ground check atau tinjau lapangan ke Kabupaten Tulungagung. Seperti diberitakan sebelumnya bahwa Pemerintah Kabupaten Tulungagung melalui Badan Lingkungan Hidup mengusulkan Kelompok Tani "Tirto Panguripan" yang dipelopori oleh Bapak Kasdi sebagai calon penerima KALPATARU Kategori Penyelamat Lingkungan.

Mengingat kondisi topografinya, daerah ini merupakan daerah yang sulit air, sehingga lahan pertanian tidak bisa dimanfaatkan secara optimal. Dengan keadaan yang sulit ini akhirnya memberikan inspirasi bagi Kelompok Tani "Tirto Panguripan" untuk membuat saluran air yang bisa mengairi sawah-sawah mereka.

Ground check yang dilakukan pada hari Senin, 21 Maret 2011 diawali dengan pemaparan kegiatan yang disampaikan oleh ketua Kelompok Tani "Tirto Panguripan", Kasdi. Dalam paparannya dijelaskan bahwa di daerahnya ketika itu sangat kesulitan air dan bahkan hasil sawah sering gagal panen. Diceritakan pula bagaimana mereka mengawali dan merintis pembuatan saluran air sehingga akhirnya dirasakan hasilnya diantaranya dapat mengairi sawah di lima desa yaitu Desa Segawe, Penjor, Karanganom, Pucangan, dan Kates seluas 525 hektar, panen 3 kali setahun, berkembangnya produksi susu sapi perah, sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Selanjutnya didampingi ketua kelompok tani dan dinas/instansi terkait terutama Badan Lingkungan Hidup, Tim Penilai menuju lokasi saluran air. Medan yang cukup sulit juga diakui oleh Tim Penilai sehingga hal ini diharapkan bisa memberi nilai tambah untuk penilaiannya karena bagi kelompok tani ini kondisi alam yang sulit tidak menyurutkan niat mereka untuk mengubah kondisi lingkungan menjadi lebih baik. Hasil dari penilaian ini selanjutnya akan diusulkan ke tingkat nasional. [Sumber: tulungagung.go.id]

Posting Komentar