Seputar Tulungagung™  ~   Berita Tulungagung Hari Ini 

Operasi Katarak di Empat Puskesmas

Sabtu, 26 Maret 2011 | 15.19.00 | 0 komentar

Tulungagung - Dalam rangka menurunkan angka kebutaan yang disyaratkan oleh WHO sebesar 0,5 % pada tahun 2020 yang kemudian dicanangkan dengan Vision 2020 The Right To Sight dan untuk Program Penanggulangan Gangguan Penglihatan dan Kebutaan (PGPK) dimana setiap penduduk berhak memperoleh penglihatan yang optimal di Tahun 2020.

Untuk mewujudkan semua itu, Dinas Kesehatan Kabupaten Tulungagung bekerja sama dengan Perhimpunan Dokter Spesialis Mata Indonesia (PERDAMI) Cabang Jawa Timur melaksanakan operasi katarak bagi masyarakat yang tidak mampu di Kabupaten Tulungagung.

Rangkaian awal pelaksanaan operasi katarak dilakukan skrining (penjaringan) di empat puskesmas di empat wilayah eks. Pembantu Bupati yang di laksanakan mulai tanggal 28 Februari 2010 sampai dengan 3 Maret 2010 mendapatkan pasien sebanyak 150 penderita terduga katarak.

Dari 150 penderita terduga katarak yang mendapatkan pelayanan operasi katarak pada tanggal 12 Maret 2010 di Puskesmas Campurdarat sebanyak 98 orang. Ada pasien yang gagal di operasi, hal ini disebabkan oleh berbagai faktor diantaranya:

1. Tekanan Darah Tinggi.
2. Kadar Gula Tinggi.
3. Katarak yang belum mature (matang).

Kegiatan operasi katarak di laksanakan oleh Tim Medis dari PERDAMI Cabang Jawa Timur dibantu oleh petugas kesehatan dari Puskesmas Campurdarat. [Sumber: tulungagung.go.id]

Posting Komentar