Seputar Tulungagung™  ~   Berita Tulungagung Hari Ini 

BLH Tulungagung Gelar Sosialisasi Lomba "Kampung Bersih"

Rabu, 22 Juni 2011 | 00.28.00 | 0 komentar

Tulungagung - Badan Lingkungan Hidup (BLH ) Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur, Selasa, menggelar acara sosialisasi program "Kampung Bersih" tahun 2011 yang diadakan di gedung pertemuan SMKN 2 Boyolangu.

Acara yang diikuti 142 peserta dari unsur kepala desa/kelurahan dan ketua RW se-wilayah perkotaan tersebut dibuka oleh Kepala BLH Tulungagung, Bambang Yanuarsono dengan membacakan sambutan tertulis Bupati Heru Tjahjono.

"Bupati mengucapkan terima kasih atas peran serta seluruh masyarakat Kabupaten Tulungagung yang telah bersama-sama menjaga kebersihan serta meningkatkan perilaku hidup bersih dan sehat sehingga bisa mewujudkan Tulungagung yang hijau, bersih, nyaman dan sehat," ujarnya membacakan sambutan bupati .

Selain menyampaikan kebanggaan atas prestasi daerah dalam mempertahankan anugerah ADIPURA, ucapan terima kasih juga disampaikan bupati kepada dunia usaha setempat yang dinilai telah berperan aktif menjadi sponsor program "Kampung Bersih".

"Apresiasi bupati ini ditunjukkan dengan menggelar kegiatan serupa (lomba 'Kampung Bersih') dalam waktu dekat," tandasnya.

Karena itu, Bambang Yanuarso berharap semua kelurahan yang ada di Kecamatan Tulungagung agar ikut serta mensukseskan kegiatan tersebut.

Tidak hanya di tingkat kelurahan tetapi juga dengan menggelar lomba kampung bersih hingga antar-RW di kampung masing-masing.

Sosialisasi program "Kampung Bersih" itu menghadirkan sejumlah narasumber, di antaranya, Direktur Sahabat Lingkungan Satrijo Wiweko, Kabid PKL dan PSM Badan Lingkungan Hidup (BLH) Tulungagung, Adri Wiyono, dan staf Dinas Pekerjaan Umum, Bina Marga dan Cipta Karya Kabupaten Tulungagung Abdul Muis.

Ketiga narasumber memberikan sejumlah materi berbeda terkait teknik/cara pengolahan sampah, pengelolaan kebersihan lingkungan, serta tujuan penyelenggaraan lomba "Kampung Bersih".

Pada tahun 2011 ini, lanjut Bambang, program "Kampung Bersih" terbagi dalam dua kategori penilaian, yaitu kategori perkampungan dan kategori perumahan.

"Penilaian akan dilakukan dalam dua tahap. Tahap pertama dilaksanakan pada pertengahan Juli 2011 sedangkan tahap II dilaksanakan pada pertengahan Oktober 2011. Pengumuman pemenang insyaallah dilakukan akhir Oktober 2011 sekaligus penyerahan hadiah pada saat peringatan HUT Kabupaten Tulungagung," terangnya.

Sumber: Antara

Posting Komentar