Seputar Tulungagung™  ~   Berita Tulungagung Hari Ini 

Hama Wereng Serang 6.000 Hektar Padi di Jatim

Kamis, 16 Juni 2011 | 18.36.00 | 0 komentar

Tulungagung - Total luas tanaman padi yang terserang hama wereng batang coklat di seluruh Jawa Timur, berdasar hasil pendataan pada pekan pertama bulan Juni 2011, tercatat mencapai enam ribu hektare lebih.

Estimasi luasan persebaran hama pengganggu tanaman itu secara eksplisit disampaikan Kepala Dinas Pertanian Provinsi Jawa Timur, Wibowo Eko Putro, saat berkunjung ke Kabupaten Tulungagung dan memantau upaya pengendalian hama di Kecamatan Besuki, Kamis (16/6/2011).

“(Data) Ini berdasar laporan yang sudah masuk ke dinas pertanian provinsi (Jatim) dan berdasar hasil pemantauan pada minggu pertama bulan Juni,” terangnya.

Ada sembilan daerah yang telah diidentifikasi menjadi endemi hama yang menyerang batang padi tersebut, yakni Kabupaten Banyuwangi, Jember, Lamongan, Tuban, Bojonegoro, Madiun, Nganjuk, Tulungagung, serta Trenggalek.

Di daerah yang disebut terakhir ini disinyalemen mengalami dampak paling parah. Sebab dalam kurun waktu tidak lebih dari sebulan terakhir, total luas tanaman padi di Kabupaten Trenggalek yang terserang hama wereng telah mencapai 3 ribu hektare lebih atau separuh dari total luas tanaman padi yang terdampak se-Jatim.

Luas persebaran hama ini diperkirakan masih akan terus bertambah, mengingat masih ada beberapa daerah yang belum melaporkan rincian kerusakan ataupun kerugian ke Dinas Pertanian Provinsi Jatim.

“Kalau yang sudah dipastikan puso ada sekitar 295 hektare. Sampai saat ini seluruh dinas pertanian di daerah masih terus berupaya melakukan pendataan sekaligus upaya pengendalian (hama),” tandas Wibowo.


Sumber: SURYA Online

Posting Komentar