Seputar Tulungagung™  ~   Berita Tulungagung Hari Ini 

KA Senja Kediri Jakarta-Malang mulai 1 Juli

Senin, 27 Juni 2011 | 17.01.00 | 0 komentar

MALANG - PT Kereta Api Daops 8 Surabaya membuka jalur baru Malang-Jakarta untuk kelas bisnis pada 1 Juli mendatang. Pasalnya, jalur yang ada sudah mulai overload, hal itu diungkap Kepala Stasiun Kota Baru Malang, Jawa Timur, Ali Afandi saat ditemui di kantornya, Senin (27/6/2011).

"Jalur baru Malang-Jakarta itu akan diberlakukan pada 1 Juli 2011 nanti. KA itu akan melewati Semarang. Berangkatnya pada pukul 13.50 WIB, tiba ke Jakarta pada pukul 06.36 WIB," jelasnya.

Adapun tarifnya tiketnya, jelas Ali, untuk tarif batas atas (TBA) senilai Rp 250.000, untuk tarif batas bawah (TBB) seharga Rp 130.000. "Tak ada penambahan fasilitas dalam KA tersebut," aku Ali.

Stasiun pemberhentian untuk jalur ini adalah Malang, Blitar, Tulungagung, Kediri, Kertosono, Nganjuk, Madiun, Paron, Walikukun, Kedungjati, Brumbung, Semarang Tawang, Pekalongan, Tegal, Cerebon, Bekasi, Jatinegara, Jakarta Pasar Senen.

"Nama keretanya Senja Kediri. sebenarnya, KA senja Kediri itu, sebelumnya sudah dioperasikan untuk jalur Jakarta-Kediri. Saat ini diperpanjang, ke jalur Malang-Jakarta," katanya.

Karena jelas Ali, selama ini, untuk KA Matarmaja, Malang-Jakarta, penumpangnya sudah overload. "Alternatifnya, harus menambah jalur lagi. Yakni, KA Senja Kediri itu," ujarnya.

Lebih lanjut, Ali menegaskan, KA Senja Kediri tersebut akan berangkat sehari 1 kali. Tujuh gerbong disiapkan untuk menampung 450 penumpang.

"Itu dalam sekali berangkat. Kalau dihitung, dalam satu gerbongnya berarti 64 penumpang," katanya.

Selama ini, stasiun KA Kota Baru Malang memberangkatkan 12 KA setiap hari. "Dengan ditambahnya KA Senja Kediri itu, berarti menjadi 13 KA yang diberangkatkan," terang Ali.

Dengan membuka jalur baru tersebut Ali berharap, pelayanan kepada para penumpang terus membaik. "Penumpang semakin puas dan merasa aman naik KA. Apalagi saat ini sudah menjelang Lebaran," katanya.

Sumber: KOMPAS.com

Posting Komentar