Seputar Tulungagung™  ~   Berita Tulungagung Hari Ini 

Puluhan Seniman Tulungagung Gelar Pameran Lukisan

Senin, 06 Juni 2011 | 21.51.00 | 1 komentar

Tulungagung - Sejumlah seniman Kabupaten Tulungagung menggelar pameran lukisan serta aneka produk seni lainnya di gedung Balai Rakyat, Tulungagung.

Acara yang telah digelar sejak Rabu (1/6) hingga Minggu (5/6) malam itu mendapat sambutan hangat masyarakat, terutama kalangan pecinta seni.

"Pameran ini lebih dimaksudkan untuk memetakan potensi kekuatan dan kekurangan yang dimiliki para seniman daerah dalam bersaing dengan komunitas seniman lain di tingkat nasional maupun internasional," ujar salah seorang kurator asal Tulungagung, Mulyono, Senin.

Meski berskala lokal, penggiat seni yang telah puluhan tahun berkutat dengan dunia seni lukis kontemporer tersebut.

Pameran itu sendiri terlihat lebih menarik karena selain memajang berbagai macam produk lukisan tangan, panitia juga memajang sejumlah benda seni seperti angklung, patung, serta aneka guci bergambar.

Dalam pelaksanaannya, lanjut Mulyono, para seniman Tulungagung yang tergabung dalam komunitas "Banyu Bening" berencana mengagendakan proses pembelajaran dalam lima agenda pameran selama kurun tahun 2011-2012.

Mereka juga akan menghadirkan kurator bergantian untuk studi bersama, mulai dari pross dialog, workshop, pemilihan tema, serta pemilihan lokasi pameran.

Komunitas Banyu Bening merupakan kumpulan para seniman dengan berbagai latar belakang pekerjaan.

Anggota komunitas ini kebanyakan mengekspresikan diri dengan media seni rupa.

Diungkapkan Moelyono, berangkat dari sini seorang kurator diharapkan mampu memetakan potensi setiap seniman agar bisa lebih mengekpresikan diri sesuai dengan bakat maupun keahlian yang dimiliki.

Mereka dengan begitu diharapkan mampu mengekspresikan diri dengan media seni rupa yang tidak melulu berbentuk seni lukis saja tetapi juga bisa dalam bentuk lain sehingga di kemudian hari mereka menjadi seniman yang profesional di bidangnya.

"Alangkah baiknya bila seniman ini bisa berprofesi sebagai seniman yang benar-benar profesional dengan mengutamakan jati dirinya tanpa meninggalkan latar belakang pekerjaannya," cetusnya spontan.

Terakhir Moelyono juga berharap agar para seniman yang tergabung dalam komunitas Banyu Bening dengan didasari sifat kreatif serta eksplorasi kecerdasannya bisa membuat rumusan ilmiah dan menghasilkan sebuah karya seni segar tanpa meninggalkan jati diri masing-masing.

Sumber: antarajatim.com

+ komentar + 1 komentar

Anonim
Kamis, 09 Januari 2014 pukul 22.45.00 WIB

thanks ya infonya !!!

www.bisnistiket.co.id

Terimakasih Anonim atas Komentarnya di Puluhan Seniman Tulungagung Gelar Pameran Lukisan

Posting Komentar