Seputar Tulungagung™  ~   Berita Tulungagung Hari Ini 

Bokonge Inul Dicokot Ulo…’

Sabtu, 16 Juli 2011 | 17.17.00 | 0 komentar

Porprov III Jataim resmi dibuka, diharapkan pecahkan rekor

KEDIRI – Pembukaan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) III di Kota Kediri yang dibuka Gubernur Jatim Soekarwo, Jumat (15/7), berlangsung meriah. Berbagai atraksi, seperti beladiri Yong Moodo, kesenian tradisonal Jaranan dan Band Letto, membaut semarak Stadion Brawijaya. Pesta kembang api menambah suasana meriah dan disambut sorak sorai penonton yang memadati stadion.

Ketua KONI Jatim, Drs Saifullah Yusuf (Gus Ipul) merasa bangga dengan helatan Porprov III yang diikuti sekitar 6.300 atlet ini. Di akhir pidatonya, Gus Ipul juga berpantun, “Bokonge Inul dicokot ulo, menawi wonten lepat kulo nywun ngapuro” (pantat Inul digigit ular, jika ada kesalahan saya minta maaf). Mendengar ucapan Wakil Gubernur itu, tentu banyak orang tertawa.

Sementara itu, Pakde Karwo, sapaan Gubernur Jatim, merasa bangga dengan kemeriaan masyarakat Kediri dalam menyambut Porprov III. Bahkan Pakde memuji kalau acara ini lebih meraih dari pelaksanaan Pekan Olagraga Nasional (PON). “Stadion penuh, jalan penuh bahkan pedagang kaki lima (PKL) juga ikut laris dagangannya. Alhamdulillah…,” kata Pakded.

Terkait dengan prestasi, atlet Porprov Jatim diharapkan tidak hanya sekadar mengejar juara semata. Tapi harus lebih dari itu. “Kalau dapat harus memecahkan rekor cabang olah raga yang digeluti. Tidak hanya setingkat Jatim tapi Nasional bahkan dunia. Sehingga dapat membanggakan bagi Jatim,” harap dia.

Saat akan melakukan pembukaan, Gus Ipul menyela. Pakde Karwo dipersilakan membuat parikan. “Wah, Gus Ipul nodong terus ini…,” kata Pakde. Akhirnya, pantun dibuat, “pecut diseblakno… opo teruse Gus?,” tanyanya. “Barang wis kebacut, bukaen,” ujar Gus Ipul yang disambut tawa pengunjung.

Saat atraksi, semua atlet yang tadinya berbaris di lapangan, diminta mundur, agar arena lebih luas. Setelah itu atraksi seni beladiri militer, Yong Moodo diperagakan sebanyak 500 prajurit dari Kodam V Brawijaya. Dilanjut parade Seni Jaranan Kediri dan parade kesenian dari Tulungagung.

Terakhir, penonton disuguhi tampilan Band Letto. Setelah membawakan lagu-lagunya, kemudian, Noe (vokalisnya) meminta Gus Ipul ikut nyanyi. Namun rupanya Gus Ipul “sakit gigi” hingga suaranya tidak terdengar. Alasannya, kabel miknya putus.

Dia sempat berterima kasih banyak kepada Letto yang mau mengisi acara Poprov III secara gratis. Namun saat itu juga, Noe membalasnya. “Terima kasih atas undangannya Gus Ipul. Kami senang bisa menghibur atlet dan masyarakat Kediri. Semoga ke depan bertambah jaya. Tapi kalau Gus Ipul tidak memberi sangu kami pulang, sepertinya kebangetan,” ujar anak Cak Nun (Emha Ainun Najib) disambut sorai penonton.

Pesta olahraga jatim dua tahunan ini diikuti oleh sekitar 9.000 atlet dan ofisial dan memperlombakan 26 cabang olahraga. Porprov ini akan berlangsung hingga 22 Juli mendatang. gim

Sumber: surabayapost.co.id

Posting Komentar