Seputar Tulungagung™  ~   Berita Tulungagung Hari Ini 

Ratusan Anak TK-SD Tulungagung Gelar Pawai Ramadhan

Minggu, 31 Juli 2011 | 01.41.00 | 0 komentar

Tulungagung - Ratusan siswa-siswi cilik dari Yayasan Pendidikan TK/SD Darussalam, Kelurahan Kampungdalem, Kecamatan Tulungagung, Sabtu, menggelar pawai unik dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan, yang diperkirakan jatuh pada hari Senin, 1 Agustus 2011.

Pantauan ANTARA, para peserta yang rata-rata baru berusia antara 5-10 tahun itu, berkeliling mengitari alun-alun serta sejumlah jalan protokol Kota Marmer dengan mengenakan aneka atribut keislaman, seperti pakaian jubah putih ala pakaian sunan "wali sanga", bersurban layaknya seorang haji/hajah, serta berjilbab.

Uniknya, pawai yang dikoordinir pihak yayasan serta dewan guru di lembaga TK/SD Darussalam tersebut, tidak sebatas menggelar pawai biasa, tetapi juga berorasi diiringi nyanyian selawat nabi serta yel-yel berisi seruan agar masyarakat Tulungagung agar menjalankan ibadah puasa dengan baik dan benar.

Pawai yang diikuti ratusan anak itu tak pelak menarik perhatian sejumlah pengguna jalan maupun masyarakat sekitar.

"Bagus juga mengajari anak-anak berdemokrasi dengan membawa isu positif. Asal saja jangan mengajari mereka terlibat politik praktis," ucap Fadli Rohman, salah seorang pengguna jalan yang kebetulan melintas di sekitar lokasi pawai.

Ia menilai, misi sosial-keagamaan yang dibawa dalam pawai tersebut sangat mengena. Apalagi pelaksanaannya digelar menjelang datangnya bulan suci Ramadhan yang diperkirakan jatuh pada 1 Agustus mendatang (Senin). "Semoga misi mereka tersampaikan," gumam Fadli.

Di konfirmasi usai pawai, beberapa anak/siswa mengaku sedikit kelelahan. Meski begitu, mereka tetap senang karena mendapat hiburan jalan-jalan bersama teman-temannya mengitari kota sambil berdemontrasi seperti orang dewasa. "Senang tapi lelah juga," ucap Fitroh Igama (6), salah seorang peserta pawai, polos.

Hal senada disampaikan Syafa Aulia, kakak kelas Fitroh Igama di SD Darussalam. Gadis cilik ini terlihat lebih mengerti dengan tujuan pawai yang diikutinya dengan mengucapkan selamat menjalankan ibadah puasa kepada seluruh umat muslim, terutama yang tinggal di Kabupaten Tulungagung.

"Syafa juga ingin belajar puasa, tapi kalau sehari penuh belum kuat. Kata bu guru, kami boleh belajar puasa semampunya, yang penting belajar (puasa) dulu," jawab Syafa Aulia senang.

Usai mengikuti rangkaian pawai, para siswa-siswi TK/SD Darussalam ini lalu diberi materi doa berbuka maupun niat puasa ramadhan. Mereka sempat diajak membaca lafal doa-doa itu secara bersama-sama dengan dibimbing guru setempat.

"Kegiatan semacam ini (pawai) sudah rutin kami gelar setiap menjelang ramadhan dengan harapan anak-anak (siswa) bisa memaknai datangnya bulan suci ramadhan dengan meningkatkan kwalitas ibadah dan keimanannya, termasuk memotivasi mereka dalam melakukan syiar keagamaan," kata Abdul Karim, salah seorang staf pendidik di SD Darussalam.
Source: Antara

Posting Komentar