Seputar Tulungagung™  ~   Berita Tulungagung Hari Ini 

Dua Pelaku Spesialis Cungkil Pintu Dibekuk

Selasa, 07 Februari 2012 | 23.38.00 | 0 komentar

Surabaya - Dua pelaku spesialis cungkil pintu kembali diamankan Direktorat Reserse Kriminal Umum (Ditreskrimum) Polda Jatim. Tersangka yang diketahui residivis ini terbukti telah melakukan 50 kali pencurian di kawasan Jatim.

Menurut Dir Reskrimum Polda Jatim, Kombes Pol Agus K Sutisna pelaku yang diamankan adalah Deky Fransiscus (33) warga Dukuh Kupang gang Lebar dan M Johan (32) warga Kalianyar, Glagah, Lamongan.

Keduanya telah lama menjadi buruan polisi, sebab telah melakukan puluhan aksi pencurian di Surabaya, Pare Kediri, Tulungagung dan Sidoarjo.

"Mereka telah melakukan aksi cungkil pintu mobil di beberapa kota di Jatim sebanyak 50 kali, seperti Surabaya, Sidoarjo, Tulungagung, Kediri dan beberapa kota lainnya," kata Kombes Pol Agus K Sutisna, Selasa (7/2/2012).

Sementara menurut Kabid Humas Polda Jatim Kombes Pol Hilman Thayib, dari dua pelaku tersebut diamankan puluhan barang bukti. Yakni berupa 39 ponsel beraneka merk, 4 laptop, sebuah hardisk eksternal dan 7 mata obeng berbagai bentuk.

"Modusnya dengan menyungkil pintu mobil yang sedang diparkir dengan mengunakan kunci T, lalu mengambil barang berharga yang ada di dalam mobil," terang Kabid Humas Kombes Pol Hilman Thayib.

Ia juga menambahkan, aksi terakhir yang dilakukan tersangka beberapa waktu yang lalu di kawasan Wonoayu, Sidoarjo. Saat itu pelaku berhasil mencuri seperangkat barang elektronik berupa sebuah laptop merk Acer Aspire dan tape.

Kedua pelaku ini memiliki peran yang berbeda. Deky bekerja selaku eksekutor, sedangkan Johan menjadi penadah yang membeli hasil curian Deky.

"Johan berlaku sebagai penadah. Ia mengaku, sebuah laptop ia hargai senilai Rp 1 juta, sementara untuk ponsel dihargai Rp 100 ribu-200 ribu," pungkasnya.

Kedua tersangka dikenai Pasal 363 KUHP Pencurian. Maka, keduanya pun mendapat pemberatan ancaman pidana penjara selama 5 tahun.

(nrm/fat)

Sumber: detik.com | Selasa, 07/02/2012

Posting Komentar