Seputar Tulungagung™  ~   Berita Tulungagung Hari Ini 

Pelaku Perampokan Antar Kota berhasil Dilumpuhkan

Selasa, 14 Februari 2012 | 01.40.00 | 0 komentar

Surabaya - Hartono (35) saat ini sudah tidak bisa berkasi lagi merampok rumah di antara kota di Jawa Timur. Pasalnya, setelah menjadi incaran polisi, warga Sumber Suko, Probolinggo itu akhirnya dilumpuhkan anggota Resmob Ditreskrimum Polda Jatim.

"Pelaku sudah kita amankan. Pelaku terpaksa kita tembak kaki kanannya, karena berusaha melakukan perlawanan," kata Direktur Reserse Kriminal Umum (Ditreskrimum) Polda Jatim Kombes Agus K Sutisna di mapolda, Jalan Ahmad Yani, Senin (13/2/2012).

Mantan Direskrimsus Polda Metro Jaya ini menerangkan, pelaku bisa beraksi merampok ke rumah di berbagai daerah di Jawa Timur seperti di Tulungagung, Gresik dan beberapa daerah lainnya, bersama kelompoknya.

Bahkan saat melakukan aksinya, mereka tak segan-segan melukai penghuni rumah dengan cara menggunakan senjata tajam dan mengikatnya.

"Setelah korbannya berhasil dilumpuhkan, pelaku menguras habis harta benda korban," ujarnya.

Saat ini, anggota Resmob anak buah AKBP Heru Purnomo masih melakukan penyelidikan, untuk mencari pelaku komplotan lainnya. Pasalnya, saat beraksi di Gresik, Hartono bersama kelompok Tosan, Eka, Ciput dan Jumari. Sedangkan, saat berkasi di Tulungagung, dia bersama kelompoknya Eko, Edi, Endin, Murkam, Rudi dan Hasis.

"Dia berganti-ganti kelompok. Saat ini, komplotannya kita tetapkan sebagai DPO (daftar pencarian orang)," jelasnya.

Sementara itu, Kabid Humas Kombes Pol Hilman Thayib mengimbau kepada masyarakat, agar selalu waspada terhadap pelaku kejahatan saat meninggalkan rumah.

"Kalau meninggalkan rumah, bisa menitipkan ke tetangga terdekat atau security setempat. Kita imbau agar warga meningkatkan kewaspadaan," ujar Hilman.

(roi/fat)

Sumber: detikSurabaya | Senin, 13/02/2012

Posting Komentar