Seputar Tulungagung™  ~   Berita Tulungagung Hari Ini 

Pileg 2014 Dapil Tulungagung Berubah

Sabtu, 20 Oktober 2012 | 15.47.00 | 0 komentar

Tulungagung, Calon anggota legislatif tahun 2014 di Tulungagung jangan pernah berpikir daerah pemilihan (dapil) akan sama seperti pada saat pemilu legislatif (Pileg) 2009. Masalahnya saat ini dimungkinkan adanya perubahan dapil yang saat ini sedang dikaji oleh KPU setempat.

Ketua KPU Tulungagung, Suyitno Arman SSos MSi, Kamis (18/10), mengungkapkan perubahan dapil di Pileg 2014 dimungkinkan karena KPU Tulungagung sudah menerima surat terkait hal tersebut dari KPU Pusat. "Dalam surat itu disebutkan jika dipandang perlu KPU Kabupaten bisa mengubah dapil dan alokasi kursi yang digunakan pada pemilu sebelumnya," ujarnya.
Rencananya, KPU Tulungagung akan melakukan kajian terhadap perubahan dapil di Pileg 2014 itu pada Oktober 2012 ini. Kajian dilakukan dengan memperhatikan masukan dari masyarakat dan partai politik.
"Keputusan finalnya tetap berada di KPU Tulungagung. Apakah akan dirubah atau tidak," tandasnya.
Menjawab pertanyaan, Suyitno Arman menyatakan perubahan dapil bisa saja terjadi dengan melihat komposisi wilayah dan jumlah penduduk. "Kalau di Tulungagung yang semula dibagi lima dapil bisa jadi berubah menjadi enam dapil," katanya.
Selain itu, bisa saja juga perubahan dapil tidak mengubah jumlah dapil tetapi merotasi kecamatan yang masuk dapil tertentu. "Semuanya bisa terjadi. Tinggal menunggu kajian," terangnya. [wed]

Sumber: Bhirawa | Thursday, 18 October 2012

Posting Komentar