Seputar Tulungagung™  ~   Berita Tulungagung Hari Ini 

Puting Beliung Sapu Puluhan Rumah di Tulungagung

Kamis, 28 Januari 2016 | 20.39.00 | 1 komentar

Tulungagung-Angin puting beliung menerjang sejumlah wilayah di Kabupaten Trenggalek dan Tulungagung, Jawa Timur. Akibatnya puluhan rumah serta sejumlah fasilitas umum rusak.

Tidak ada korban jiwa dalam bencana alam yang terjadi sekitar pukul 13.30 WIB tersebut, namun beberapa nelayan dan pengendara dilaporkan terluka akibat tertimpa pohon tumbang serta atap bangunan yang beterbangan diterpa puting beliung.

"Fenomena pusaran puting beliung itu sempat terekam kamera dan saat ini menyebar di media sosial. Saya dapat gambarnya juga dari grup whatsapp kantor," ungkap Mega, salah satu netizen di Tulungagung, Rabu (27/1/2016).

Menurut saksi mata, pusaran angin yang menggulung pekat dari langit sempat terlihat bergerak dari arah Prigi, Kecamatan Watulimo, Kabupaten Trenggalek menuju Tulungagung melalui Kecamatan Besuki yang ada di perbatasan.

Jejak kerusakan teridentifikasi di bangunan utama tempat pelelangan ikan (TPI) Prigi, wilayah perbatasan Trenggalek-Tulungagung di Desa Tanggulwelahan Kecamatan Besuki, Desa Pojok Kecamatan Campurdarat, Desa Gedangsewu Kecamatan Boyolangu, serta Desa Tugu Kecamatan Rejotangan.

"Tidak ada laporan korban jiwa. Namun, rumah yang rusak sejauh ini tercatat mencapai 45 rumah. Untuk kerugian masih kami hitung," ujar Kabid Kedaruratan dan PMK BPBD Tulungagung Nadlori Alwi.

Efek puting beliung juga menyebabkan puluhan pohon perdu peneduh jalan di sepanjang jalan raya di wilayah Besuki, Boyolangu, Tulungagung hingga Kedungwaru juga bertumbangan.

Akibatnya, sejumlah kendaraan roda dua maupun empat yang sedang melintas ataupun berteduh di pinggir jalan ikut tertimpa dan mengalami kerusakan parah.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga dan Cipta Karya Kabupaten Tulungagung, Sutrisno mengatakan pohon tumbang terjadi di beberapa titik terutama di jalan protokol.

Laporan yang ia terima hingga pukul 15.00 WIB, pohon tumbang terjadi di wilayah Boyolongu, Sumbergempol, Tamanan dan yang paling parah di depan Kantor Dinkes Tulungagung dan menimpa sebuah mobil pikap yang sedang melintas.

"Kami akan evaluasi kondisi tegakan (pohon) di pinggir jalan yang sekiranya berisiko tumbang dan membahayakan pengendara," kata Sutrisno. [tar/inilah.com]

+ komentar + 1 komentar

Senin, 26 Oktober 2020 pukul 23.13.00 WIB

BELI NASI GORENG KLIK DISINI

Terimakasih atas Komentarnya di Puting Beliung Sapu Puluhan Rumah di Tulungagung

Posting Komentar