Seputar Tulungagung™  ~   Berita Tulungagung Hari Ini 

506 TKI di Jawa Timur Bermasalah

Jumat, 26 November 2010 | 23.49.00 | 0 komentar

SEPUTAR TULUNGAGUNG — Sebanyak 506 orang TKI dan TKW asal Jawa Timur terlilit permasalahan hukum. Rata-rata masalah yang menimpa para TKI ini adalah pemalsuan biodata usia dan tidak mengantongi izin orangtua.

"Dalam catatan tahun 2010 ini ada juga TKI yang memiliki masalah mentalitas, yakni kabur karena tidak kerasan di lokasi kerja," ujar Kepala Dinas Sosial, Tenaga Kerja dan Kependudukan Propinsi Jawa Timur Hari Soegiri, di sela membuka acara Bursa Kerja Ke Luar Negeri dengan tema Optimalisasi Penempatan TKI asal Jawa Timur, Sabtu (26/11/2010).

Dijelaskannya kembali pada tahun 2010 jumlah TKI/TKW di Jawa Timur mencapai 42.250 jiwa. Targetnya, warga Jawa Timur yang menjadi buruh migrant bisa mencapai angka 60.000 jiwa.

Sebanyak 506 TKI/TKW yang bermasalah tersebut, hampir seluruhnya berasal dari buruh migrant sektor informal, yakni pembantu rumah tangga, buruh perkebunan dan kuli bangunan.

Berangkat dari banyaknya permasalahan yang menimpa TKI, pada tahun 2013, pemprov Jawa Timur akan melakukan batasan jumlah TKI/TKW yang berasal dari sektor informal.

Targetnya, sektor informal hanya 30 persen dan TKI berketerampilan sebanyak 70 persen. "Target jangka panjang kita adalah penghapusan sektor informal. Namun semuanya dilakukan secara perlahan," paparnya.(Solichan Arif/Koran SI/crl)
Sumber : okezone.com

Posting Komentar