Seputar Tulungagung™  ~   Berita Tulungagung Hari Ini 

Jelang Tahun Baru, Pengrajin Terompet Raih Puluhan Juta

Jumat, 16 Desember 2011 | 22.07.00 | 0 komentar

Tulungagung: Tradisi pergantian tahun baru identik dengan membuyikan terompet. Hal itu rupanya membawa berkah tersendiri bagi pengrajin terompet di daerah.

Seperti banyak diketahui, seluruh dunia tengah bersiap menyambut pergantian tahun baru. Tak terkecuali di Indonesia. Tradisi meniup terompet pada tiap pergantian tahun sudah menjadi kebiasaan masyarakat di Indonesia.

Kebiasaan itu, rupanya membawa rejeki bagi sebagian masyarakat Indonesia yang kreatif. Seperti yang terlihat di Tulungagung, Jawa Timur, Jumat (16/12). Sejumlah pengrajin sudah mempersiakan diri menyambut tahun baru dengan menjajakan terompet buatan mereka sendiri.

Seorang pengrajin, Agus Santoso mengaku telah 15 tahun membuat terompet. Ia memanfaatkan karton bekas yang berasal dari perkantoran dan percetakan, untuk dijadikan berbagai macam bentuk terompet.

Dengan mengolah bahan dasar karton bekas seharga Rp1000-6000 per kilogram, Agus kemudian mengkreasikan bahan tersebut. Hasilnya, berbagai jenis terompet tercipta, seperti naga, gajah, harimau, kuda, dan tokoh serial film kartun Upin-Ipin. Terompet itu kemudian ia jual antara Rp6500 hingga Rp50 ribu, tergantung bentuk dan tingkat kesulitan.

Menjelang pergantian tahun seperti sekarang, Agus mengaku mampu meraih omset hingga puluhan juta rupiah.(****)

Sumber: Metrotvnews.com | Jumat, 16 Desember 2011

Posting Komentar