Seputar Tulungagung™  ~   Berita Tulungagung Hari Ini 

Kru Kapal Diupah Rp 25 Juta untuk Mengantar Imigran Gelap

Jumat, 23 Desember 2011 | 02.00.00 | 0 komentar

Surabaya - Kru kapal yang ditumpangi rombongan imigran gelap dengan tujuan Australia mengaku diupah Rp 25 juta jika berhasil mengantar hingga tujuan. Ada 6 orang kru kapal yang bekerja mengendalikan kapal.

Pengakuan itu dilontarkan oleh dua ABK, Ronald (26) dan Rivan Sudirma (24) saat menjalani pemeriksaan di Mako Polair Polda Jatim.

"Mereka akan diupah Rp 25 juta jika berhasil mengantarkan para imigran itu ke tujuan," kata Dirpolair Polda Jatim, Kombespol Frederik Kalalembang, kepada wartawan, Kamis (22/12/2011).

Frederik mengatakan bahwa Kapal Barokah yang dikendalikan 6 orang tersebut berangkat dari Bau-bau menuju Pantai Popoh, Tulungagung. Dari pantai itulah kapal tersebut mengangkut 215 imigran yang akhirnya kapalnya pecah setelah terhempas ombak di pantai Prigi, Trenggalek.

"Menurut pengakuan kedua ABK, mereka tidak saling kenal dengan ABK lain karena direkrut dari daerah lain," lanjut Frederik.

Oleh seseorang, keenam ABK itu diberangkatkan dari Nusa Tenggara Timur menuju Makassar menggunakan pesawat. Dari Makassar mereka diberangkatkan ke Bau-bau untuk seterusnya menuju Tulungagung.

"Kami akan selidiki siapa orang yang memberangkatkan mereka," tandas Frederik.

(bdh/bdh)

Sumber: detikSurabaya | Kamis, 22/12/2011

Posting Komentar