Seputar Tulungagung™  ~   Berita Tulungagung Hari Ini 

Polisi Tulungagung Gunakan "Metal Detector" Amankan Natal

Sabtu, 24 Desember 2011 | 23.18.00 | 0 komentar

Tulungagung - Jajaran Kepolisian Resor (Polres) Tulungagung, Jawa Timur dilengkapi peralatan pendeteksi logam (metal detector), kembali melakukan penyisiran di sejumlah gereja untuk mengantisipasi gangguan keamanan menjelang misa Natal, Sabtu sore.

ANTARA melaporkan, penyisiran tidak hanya dikonsentrasikan dalam ruangan gereja ataupun tempat-tempat yang digunakan untuk menggelar misa Natal, tetapi juga di luar ruangan hingga radius 50 meter.

Belum ada laporan temuan benda mencurigakan maupun indikasi gangguan keamanan ditemukan, namun pihak kepolisian menegaskan bahwa pengamanan akan terus diperketat hingga seluruh rangkaian perayaan Natal usia.

"Bersama ormas (organisasi massa) lintasagama yang telah berkomitmen untuk menjaga keamanan selama Natal dan tahun baru, kami juga akan terus melakukan penjagaan serupa hingga 12 jam nonstop," kata Kabag Operasional Polres Tulungagung, Kompol Subagio.

Ia mengungkapkan, lebih dari dua per tiga (2/3) personel kepolisian setempat dikerahkan. Tidak sebatas melakukan pengamanan di sejumlah gereja dan sekitarnya, tetapi juga bersiaga di sejumlah posko darurat yang ada di beberapa titik ruas jalan strategis maupun fasilitas umum.

Sebagian anggota, khususnya dari satuan lalu-lintas juga ikut membantu dengan melakukan pemeriksaan terhadap mobil pengunjung gereja.

"Kebijakan memperketat kendaraan yang masuk maupun keluar gereja ini tidak dimaksudkan untuk memanggu ketenangan umat kristiani, melainkan hanya untuk melakukan pengamanan bersama agar tercipta situasi aman terkendali dan juga membedakan jemaat," katanya.

Sementara itu, salah seorang pengurus gereja bernama Stevanus Riyanto mengatakan, pengamanan yang dilakukan oleh pihak kepolisian sangat diterima jemaat karena mereka akan lebih tenang diwaktu merayakan Natal.

Pengamanan menjelang misa Natal sudah mulai terlihat sejak Jumat (23/12) sekitar pukul 09.00 WIB hingga Sabtu sore.

Sejumlah anggota polisi berpakaian lengkap terlihat mulai memperketat pengamanan dengan cara menyisir di sejumlah gereja di Tulungagung menggunakan detektor. (Destyan)

Sumber: antarajatim.com | 24 Des 2011

Posting Komentar