Seputar Tulungagung™  ~   Berita Tulungagung Hari Ini 

27 KOTA TERIMA PENGHARGAAN PENATAAN ANGKUTAN UMUM DAN LALU LINTAS

Kamis, 30 September 2010 | 03.50.00 | 0 komentar

Menteri Perhubungan Freddy Numberi menyerahkan anugerah Wahana Tata Nugraha (WTN) kepada 27 kota di Indonesia.

21 kota penerima Piala WTN adalah Surabaya, Pekanbaru, Surakarta, Probolinggo, Sukabumi, Mojokerto, Tarakan, Madiun, Lumajang, Kabupaten Badung, Kabupaten Bone, Kabupaten Sragen, Kabupaten Langkat, Kabupaten Wajo, Kabupaten Ciamis, Kabupaten Tulung Agung, Padang Panjang, Kabupaten Pesisir Selatan, Kabupaten Klungkung, Kabupaten Karang Asem, Kabupaten Buleleng.

Sementara dua kota penerima Piala WTN kategori angkutan umum adalah Bandung dan Semarang. Terakhir empat kota penerima penghargaan piala WTN kategori lalu lintas yaitu Denpasar, Balikpapan, Kabupaten Jepara dan Kabupaten Tuban.

Menteri Perhubungan juga menyerahkan penghargaan berupa plakat WTN yang diberikan kepada 49 kota, diantaranya Kota Bogor, Kota Medan, Kota Makasar, Kota Palembang, Kota Padang, Kota Tasikmalaya, Kota Gianyar, Kota Lamongan, dan Kota Purbalingga.

"WTN adalah penghargaan yang diberikan untuk kota-kota yang melakukan penataan angkutan umum dan lalu lintas dengan baik dalam kurun waktu setahun terakhir," kata Menhub, di Jakarta, Selasa (28/9).

Maka secara jelas maksud dan tujuan pemberian penghargaan tersebut adalah guna mendorong Pemda meningkatkan tertib lalu lintas dan angkutan kota; mendorong peran serta masyarakat dalam meningkatkan disiplin berlalu lintas; mendorong terwujudnya peningkatan pelayanan jasa angkutan umum; dan mendorong terciptanya sistem transportasi kota yang efektif, berkualitas, tertib, aman, lancar, cepat, teratur, selamat, nyaman dan efisien.

Pada kesempatan tersebut, Menhub juga memberikan bantuan teknis kepada masing-masing kota penerima penghargaan WTN. “Bantuan senilai kurang lebih Rp100 juta ini diberikan bukan dalam bentuk uang tunai, namun berupa pembangunan fisik seperti marka jalan, perbaikan jalan yang rusak dan sebagainya. Maksudnya untuk lebih memotivasi,” ujar Direktur Bina Sistem Sarana Transportasi Perkotaan Elly Sinaga. (T.De)

Sumber : Kominfo-Newsroom

Posting Komentar