Seputar Tulungagung™  ~   Berita Tulungagung Hari Ini 

Triwulan I Tahun 2011, Remitansi TKI Asal Tulungagung Turun

Senin, 01 Agustus 2011 | 22.26.00 | 0 komentar

Tulungagung - Pada triwulan I tahun 2011, nilai transaksi transfer dana (remitansi) TKI asal Kabupaten Tulungagung mengalami penurunan. Seperti data yang dirilis oleh Bank Indonesia, nilai remitansi TKI asal Kabupaten Tulungagung pada triwulan I tahun 2011 adalah sebesar 103,944 juta rupiah.

Nilai tersebut menurun 1.15% bila dibandingkan nilai remitansi pada triwulan IV tahun 2010 yang mencapai nilai 105,199 juta rupiah. Negara Malaysia menduduki peringkat pertama dengan total remitansi mencapai 26,629 juta rupiah, yang disusul oleh Hongkong, Saudi Arabia, dan Taiwan.

Meski mengalami penurunan, nilai remitansi TKI asal Kabupaten Tulungagung tersebut masih berada di urutan 2 dari 10 daerah yang berada di wilayah kerja Bank Indonesia eks Karesidenan Kediri. Hal ini tidak mengejutkan dikarenakan Kabupaten Tulungagung adalah salah satu kantong TKI di Provinsi jawa Timur.

Dari sekian ratus juta remitansi tersebut, sebagian besar TKI memilih menggunakan sarana non bank. Hal ini dikarenakan nilai jumlah nominal yang relatif kecil serta kemudahan prosedur. Sedangkan TKI yang menggunakan jasa bank biasanya dilandasi oleh besarnya nilai transaksi serta faktor keamanan yang dirasa lebih bila dibandingkan menggunakan jasa perbankan.
Source: tulungagung.go.id

Posting Komentar