Seputar Tulungagung™  ~   Berita Tulungagung Hari Ini 

Sejumlah Pejabat Ditipu Wartawan Abal-abal

Minggu, 02 Januari 2011 | 02.20.00 | 0 komentar

Seputar Tulungagung – Aksi orang yang mengaku wartawan kian meresahkan. Sejumlah pejabat di Tulungagung telah menjadi korban penipuan wartawan abal-abal, dengan modus minta bantuan.

Salah satu korbannya adalah Probo Soekatmo, Kepala Badan Ketahanan Pangan Kabupaten Tulungagung. Menurutnya, pelaku yang mengaku sebagai Nanang Ismanto beberapa kali menghubunginya lewat telepon melalui nomor 081335561978. Oknum tersebut meminta bantuan, lantara salah satu wartawan senior NN, tengah menjalani operasi kanker otak.

Lantaran merasa kenal dengan NN, Probo lalu bersedia membantu sejumlah uang. Pelaku lalu mengirimkan nomor rekening BCA 1400531851, atas nama Nanang Ismanto. Tanpa pikir panjang, Probo mengaku langsung mengirimkan sejumlah uang.

"Saya kenal wartawan yang dikatakan sakit itu. Makanya saya langsung transfer sejumlah uang tanpa menyelidiki lebih dulu," akunya, saat ditemui di gedung DPRD Tulungagung, Jumat (31/12/2010).

Namun beberapa hari kemudian, Nanang kembali menghubunginya dan mengatakan NN meninggal dunia setelah menjalani operasi kanker otak. Nanang kembali meminta bantuan, dengan alasan masih kekurangan uang ambulan. Beruntung Probo berada di luar kota dan menolak mentransfer uang lagi. Saat kembali ke Tulungagung, barulah Probo mengetahui NN masih sehat dan tak pernah masuk rumah sakit.

Sementara seorang wartawan radio mengaku mengetahui Nanang Ismanto, sebagai mantan wartawan harian Memorandum. Nanang dipecat, karena perilakunya yang kerap memeras orang. Setelah tak lagi menjadi wartawan, Nanang kerap melakukan aksi penipuan kepada pejabat-pejabat yang dulu dikenalnya.

"Saya SMS pelaku dan mengaku sebagai asisten seorang pejabat. Dengan antusias dia langsung mengirimkan nomor rekening, dengan alasan ada teman wartawan yang tengah sakit. Intinya pelaku memang seorang penipu," katanya.

Meski kerugian akibat aksi Nanang tidak terlalu besar, namun beberapa korban berniat mengadukan ke polisi. Di antaranya NN yang sempat disebut masuk rumah sakit dan meninggal dunia. [vid/kun]

Sumber: beritajatim.com

Posting Komentar