Seputar Tulungagung™  ~   Berita Tulungagung Hari Ini 

Maret Mulai Perbaikan Jalan Nasional di Jatim

Selasa, 08 Februari 2011 | 02.57.00 | 0 komentar

Perbaikan jalan nasional di Jawa Timur dan pembangunan jalan akan dimulai Maret 201. Jalan nasional sepanjang 2027,4 km yang diperbaiki dengan total biaya yang disediakan sekitar Rp 1,6 trilyun dari APBN 2011.

GENTUR PRIHANTONO Kepala Dinas PU Bina Marga Pemprov Jawa Timur pada Suara Surabaya, Senin (07/02), mengatakan, sekarang ini proyek perbaikan dan pembangunan jalan masih dalam proses tender semua sehingga diperkirakan pengerjaan baru bisa dimulai bulan depan.

GENTUR menjelaskan salama 2011 ini dilakukan pemeliharaan rutin, penanganan sedang dan penanganan berat. Usai tender, jalan nasional yang akan dikerjakan diantaranya, Kertosono-Nganjuk-Kediri-Tulungagung, Bypas Pandaan-Turen-Kepanjen-Blitar, Maospati-Ngawi dan Trenggalek-Tulungagung-Pacitan.

Sementara ini, Dinas PU Bina Marga Pemprov Jawa Timur hanya bisa melakukan tambal sulam saja di titik-titik jalan yang lubang atau rusak. Untuk jalan provinsi di Surabaya yang menjadi tanggungjawabnya, sebut GENTUR, Jalan Wiyung yang sebagian ditingkatkan dengan menutup sungai.

“Sekarang statusnya masih jalan kota. Ke depan, strategisnya jalan Pemprov karena kawasan penduduk. Jalan Wonokromo sampai Kedurus wewenang Pemprov Jawa Timur. Untuk Jalan Tugu Pahlawan yang dikeluhkan pendengar Suara Surabaya karena bergelombang tanggungjawab Pemkot Surabaya,“paparnya.

GENTUR menambahkan Jalan Lamongan Kota yang menjadi tanggungjawab Pemprov Jawa Timur penanganannya multiyears dan saat ini belum selesai. Pertimbangannya, badan jalan harus dibongkar dan diperbaiki lebih dulu karena infiltrasi dari tambak-tambak.

“Jalan Lamongan Kota ini hingga ke Sukodadi menuju ke Babat. Pengguna jalan harus waspada meski jalannya sudah bagus,”pungkas GENTUR. (tin)

Sumber: suarasurabaya.net

Posting Komentar