Seputar Tulungagung™  ~   Berita Tulungagung Hari Ini 

Tandai Sensus dengan Jalan Bareng

Minggu, 02 Mei 2010 | 01.24.00 | 0 komentar

TULUNGAGUNG - Ribuan petugas Sensus Penduduk (SP) dari Badan Pusat Statistik (BPS) Tulungagung kemarin pukul 06.00 mengikuti jalan bareng dengan start dan finish di alun-alun. Peserta jalan bareng dilepas Wakil Bupati Tulungagung M Athiyah. Dengan berseragam, mereka menyusuri rute Jalan Ahmad Yani, Pangeran Diponegoro serta Pangeran Antasari.

Setelah menempuh jarak sekitar tiga kilometer, peserta tiba di pusat kota tersebut. Mereka dihibur penyanyi dangdut serta pengundian aneka hadiah. Di antaranya dua sepeda dari Bupati Tulungagung Heru Tjahjono. Acara ini berakhir sekitar pukul 08.00.

Menurut Kepala BPS Tulungagung Lilik Wibawati, jalan bareng untuk menyosialisasikan SP ke masyarakat. “Dengan melihat petugas jalan-jalan, minimal masyarakat tahu akan ada sensus penduduk,” katanya.

Selaian itu, kata Lilik Wibawati, juga sebagai apel siaga BPS untuk menandai SP yang mulai berlangsung pada Sabtu (1/5) hingga akhir Mei mendatang. Meskipun bentuk apel tiap kabupaten berbeda-beda. Ada yang dengan jalan bareng atau hanya apel biasa.

Wanita berusia 45 ini menambahkan, jalan bareng secara tak langsung memotivasi dan memberikan hiburan kepada 2.292 petugas SP. Dia menjelaskan jika SP pertama pada hari ini (1/5) pukul 07.00 di kediaman Heru Tjohjono. Kemudian dilanjutkan ke M Athiyah. Menyusul sensus oleh petugas SP ke rumah warga.

Dia berharap, pelaksanaan sensus berjalan lancar. Masyarakat mendukung kegiatan yang dilakukan tiap sepuluh tahun sekali ini.

Petugas SP telah dilatih dan dibekali materi terkait pengisian data. Termasuk 43 item pertanyaan yang diajukan ke warga.

Salah satu petugas SP bernama Sumaryani mengaku senang dengan jalan bareng. Selain terdapat pembagian hadiah menarik, juga dapat menghibur petugas SP. (radartulungagung)

Posting Komentar