Seputar Tulungagung™  ~   Berita Tulungagung Hari Ini 

Penandatanganan MoU Program KINERJA USAID

Selasa, 19 Juli 2011 | 19.00.00 | 0 komentar

Tulungagung - Pada tanggal 13 Juli 2011 bertempat di Gedung Empire Palace Surabaya telah dilaksanakan penandatangan Perjanjian Kerjasama (MoU) antara Program KINERJA USAID dengan lima kabupaten/kota yang terpilih sebagai mitra kerja Program KINERJA USAID di Jawa Timur, yaitu: Kabupaten Bondowoso, Kabupaten Jember, Kabupaten Probolinggo, Kabupaten Tulungagung dan Kota Probolinggo, sesuai dengan Surat Keputusan Gubernur Jawa Timur No. 088/290/KPTS/013/2011 tentang Penetapan Lima Kabupaten/Kota Mitra Kerja Program KINERJA USAID di Provinsi Jawa Timur.

Penandatanganan ini dilakukan oleh Bupati dan Walikota dengan Acting Chief of Party Program KINERJA-USAID (Jana C. Hertz) yang disaksikan oleh perwakilan dari USAID Direktur Demokrasi dan Tata Pemerintahan USAID Indonesia (Miles F. Toder) pada acara Seminar Nasional Otonomi Award 2011 yang diselenggarakan oleh Jawa Pos Institute for Pro Otonomi. Dari Kabupaten Tulungagung diwakili oleh Sekretaris Daerah Drs. Maryoto Birowo, MM.

Perjanjian Kerjasama ini merupakan kesepakatan kedua belah pihak dalam melaksanakan Program KINERJA USAID di lima kabupaten/kota sesuai dengan pilihan prioritas pelayanan publik pada sektor peningkatan iklim usaha, kesehatan dan pendidikan.

Program KINERJA bertujuan untuk meningkatkan pelayanan publik di Indonesia melalui peningkatan pengelolaan pelayanan, dan peningkatan kepedulian masyarakat terhadap kualitas pelayanan pemerintah daerah. Program KINERJA didukung oleh United States Agency for International Development (USAID)/Badan Pembangunan Internasional Amerika Serikat.

Empat propinsi yang dipilih oleh pemerintah pusat dan USAID karena menunjukkan kesenjangan yang signifikan antara indeks pembangunan manusia (IPM) dan produk domestik regional bruto (PDRB), serta daerah perbatasan adalah Provinsi Aceh, Jawa Timur, Sulawesi Selatan, dan Kalimantan Barat.

KINERJA akan mengarahkan asistensi kepada pelayanan publik di tiga sektor yaitu sektor pendidikan, kesehatan, dan peningkatan iklim usaha. Penyediaan dukungan terkait dengan pelayanan pendidikan dasar di sektor pendidikan, pelayanan ibu dan anak, serta pelayanan kesehatan dasar di sektor kesehatan, serta peningkatan iklim usaha yang baik.

KINERJA bekerja sama dengan Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kabupaten/kota, DPRD, universitas, dan organisasi masyarakat sipil. Pelaksana Program KINERJA adalah Konsorsium yang terdiri dari Research Triangle Institute (RTI), Social Impact, The Asia Foundation (TAF), SMERU, Universitas Gajah Mada (UGM), dan Kemitraan (Partnership). (Humas/LPSS Kabupaten Tulungagung)
Sumber: tulungagung.go.id

Posting Komentar