Seputar Tulungagung™  ~   Berita Tulungagung Hari Ini 

Bukit Retak, Puluhan Rumah Warga Terancam

Jumat, 11 Juni 2010 | 05.20.00 | 0 komentar

TULUNGAGUNG - Tanah perbukitan yang retak di Desa Joho, Kecamatan Kalidawir, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur (Jatim), mengancam sedikitnya 27 rumah warga.

Kepala Desa Joho, Supingi, Kamis (10/6/2010) malam, melaporkan, perbukitan yang retak itu panjangnya mencapai satu kilometer dengan kedalaman 0,5 hingga satu meter.

“Peristiwa ini terjadi sejak tiga pekan lalu. Awalnya hanya ada satu atau dua retakan, namun hingga kini jumlahnya lebih banyak. Terlebih, beberapa hari terakhir curah hujan relatif tinggi sehingga retakan tanah di areal perbukitan semakin meluas,” ungkapnya.

Menurut Supingi, pihaknya sudah meminta warga, terutama yang tinggal di sekitar lokasi tersebut segera meninggalkan rumah karena curah hujan di kawasan pantai selatan Jawa Timur itu masih cukup tinggi sehingga dapat memicu terjadinya bencana banjir dan tanah longsor.

“Kami juga sudah meminta warga membuat kentongan dari bambu. Jika sewaktu-waktu ada kejadian, kentongan tersebut dibunyikan” ucapnya.

Sementara itu, Kabag Humas Pemkab Tulungagung Maryani mengaku sudah meminta kepada institusi terkait, seperti Dinas Pekerjaan Umum dan Bakesbangpolinmas untuk segera melakukan antisipasi bencana.

Walaupun kondisi tanah di areal perbukitan tersebut masih belum sepenuhnya turun, pihaknya tetap meminta kepada masyarakat yang berada di lingkungan tersebut agar hati-hati.

“Dengan melakukan antisipasi yang baik, jatuhnya korban jiwa dapat dihindari pada saat bencana itu terjadi,” katanya. SURYA Online

Posting Komentar