Seputar Tulungagung™  ~   Berita Tulungagung Hari Ini 

Yellow Box 100 Juta Tak Efektif

Kamis, 30 September 2010 | 03.34.00 | 0 komentar

Tulungagung – Usai lebaran lalu, Dinas Perhubungan Tulungagung mendapat bantuan yellow box di 6 lokasi sekolah. Namun keberadaan tanda baru ini tidak efektif, dan bahkan diabaikan oleh pengguna jalan.

Menurut Kepala Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informasi Kabupaten Tulungagung, Eko Asistono, yellow box tersebut bantuan dari Pemprov Jawa Timur.

Bersama beberapa traffict light dan rambu jalan, nilai sebesar 100 juta rupiah. Bantuan langsung diterima dalam bentuk barang jadi. Yellow box dipasang di depan sekolah yang ada di wilayah kota.

"Kami tinggal menerima saja, dan mengarahkan dimana bantuan tersebut akan dipasang,"terangnya.

Namun, kini yellow box bernilai mahal tersebut seolah tak berfungsi. Seperti yang nampak di depan SDN 1 Kampungdalem, Kecamatan Kota. Di lokasi ini, setiap pagi hingga sore hari, yellow box tak ubahnya seperti lahan parkir.

Tak hanya mobil, becak dan sepeda motor pun sudah menjadi bagian pemandangan yang biasa. Padahal di area yellow box harus menjadi area steril kendaraan.

Tujuannya, untuk memberikan rasa aman bagi anak-anak sekolah yang hendak menyeberang.

Menurut seorang orang tua siswa yang tak mau disebut namanya, dirinya memang tak paham dengan fungsi yellow box. Setahunya, garis warna kuning saling silang tersebut hanya menggantikan fungsi zebra cross.

Selain itu, setiap hari dirinya parkir kendaraan di atasnya, tak ada petugas yang menegur.

Hal yang sama diutarakan oleh Sumardi (45), tukang becak yang enak-enak tidur di becaknya, yang diparkir di atas yellow box. Tukang becak yang biasa menjemput siswa sekolah ini, mengaku tak paham dengan fungsi rambu rabu tersebut.

"Apa mas fugsinya?” kata Sumardi balik bertanya, saat ditanya fungsi yellow box.

Tak heran, akibat pengguna jalan yang tak paham fungsi yellow box, membuat jalan yang hanya selebar tak kurang dari 6 meter ini menjadi padat. Agaknya, pihak terkait perlu melakukan sosialisasi fungsi yellow box, agar rambu ini efektif diberlakukan.[vid/ted]

Sumber : beritajatim.com

Posting Komentar