Seputar Tulungagung™  ~   Berita Tulungagung Hari Ini 

63 Kabupaten /kota terima penghargaan Adipura

Selasa, 07 Juni 2011 | 13.39.00 | 0 komentar

JAKARTA - Jumlah kabupaten/kota yang menerima penghargaan Adipura tahun ini menurun dan hanya sebanyak 63 kabupaten/kota, sejalan dengan peningkatan kategori atas penilaian tingkat kebersihan dan keteduhan wilayah.


Menteri Lingkungan Hidup Gusti Muhammad Hatta mengatakan pada tahun lalu ada 140 kabupaten/kota yang menerima Adipura, sedangkan pada 2011 ini tinggal 63 saja.

"Penurunan jumlah peraih bukan karena kebersihan kota turun, tapi [panitia] meningkatkan kriteria," kata Gusti dalam peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2011 yang dilakukan di Istana Negara hari ini.

Menurut dia peningkatan kriteria tersebut dilakukan untuk mengurangi disparitas hasil evaluasi dengan persepsi masyarakat, serta dalam upaya untuk lebih memperoleh kondisi wilayah bersih yang ideal.

Adapun Adipura untuk kategori Kota Metropolitan diberikan pada Kota Surabaya, Jawa Timur dan kota Palembang, Sumatera Selatan. Untuk katagori kota besar diberikan pada Yogyakarta dan Pekanbaru.

Adipura untuk kategori sedang diberikan pada Jepara, Pare-pare, Kendari, Gresik, Probolinggo, Ternate, Pasuruan, Tulungagung, Manado, Lubuklinggau, Bontang, Bitung, Pekalongan, Palopo, Blitar, Tanjungpinang, Banjarbaru.

Adipura kota kecil diberikan pada kota Tidore Kepulauan, Pangkajene, Pangkalan Bun, Pati, Mojosari, Kolaka, Martapura, Lamongan, Limboto, Donggala, Lubuk Pakam, Barru, Caruban, Pinrang, Masamba, Sanana, Ponorogo, Wonosobo, Kalianda, Nganjuk, Sibolga, Stabat, Sarolangun, Boyolali.

Di samping itu juga pada pada Malili, Tilamuta, Kepanjen, Temanggung, Sumenep, Amlapura, Airmadidi, Purbalingga, Watansoppeng, Sengkang, Solok, Pagar Alam, Muara Enim, Sragen, Bangli, Sekayu, dan Pacitan. (faa)

Sumber: bisnis.com

Posting Komentar