Seputar Tulungagung™  ~   Berita Tulungagung Hari Ini 

BMKG: Waspadai Cuaca Ekstrem Jawa Timur

Rabu, 26 Januari 2011 | 00.41.00 | 0 komentar

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Juanda mengimbau warga Jawa Timur terus mewaspadai cuaca ekstrem selama Januari. Untuk dua hari ini hujan intensitas ringan dan sedang terjadi hampir di seluruh Jatim.

"Sebagian besar daerah di Jatim berpotensi hujan. Tentunya peluang terjadinya cuaca ekstrem berupa badai juga terjadi, khususnya Jatim bagian selatan," papar prakirawan Ahmad Rofiul Huda, Selasa (25/1).

Huda menjelaskan potensi hujan dipicu tekanan rendah selatan Jatim Sedangkan distribusi uap air atau kelembapan cukup tinggi, pembentukan awan hujan cukup signifikan.

Berdasarkan data BMKG Juanda, wilayah Madura (Bangkalan, Sampang, Pamekasan, Sumenep) dan Bawean umumnya berawan-hujan. Peluang hujan diperkirakan terjadi siang, sore, malam, maupun dini hari dengan intensitas ringan.

Sementara Utara dan Utara Tengah (Tuban, Lamongan, Gresik, Surabaya, Sidoarjo, Pasuruan, Probolinggo, dan Situbondo) umumnya berawan-hujan. Peluang hujan diperkirakan pada pagi, siang, sore, malam dengan intensitas ringan.

Untuk Jawa Timur wilayah Tengah (Ngawi, Magetan, Ponorogo, Madiun, Nganjuk, Kediri, Jombang, dan Mojokerto, Bondowoso, dan Bojonegoro), cuaca berawan-hujan. Sedangkan Jawa Timur wilayah Selatan dan Selatan Tengah (Pacitan, Trenggalek, Tulungagung, Blitar, Malang, Lumajang, Jember, dan Banyuwangi), umumnya berawan-hujan. (Ant/*****)

Sumber : metrotvnews.com

Posting Komentar