Seputar Tulungagung™  ~   Berita Tulungagung Hari Ini 

Warga Tulungagung Blokade Tambang Pasir Besi

Sabtu, 20 Agustus 2011 | 02.49.00 | 2 komentar

Tulungagung - Puluhan warga Desa Panggungkalak, Kecamatan Pucanglaban, Kabupaten Tulungagung, Jumat sore, beramai-ramai melakukan blokade jalan serta area pertambangan pasir besi yang berlokasi di desa mereka, tepatnya di pesisir Pantai Dlodo.

Warga yang terdiri dari kaum laki-laki dan perempuan itu awalnya hanya sebatas mencegat puluhan truk yang berlalu-lalang mengangkut pasir besi dari lokasi penambangan.

Namun seiring makin banyaknya massa, para pengujuk rasa yang kesemuanya warga Desa Panggungkalak tersebut lalu bergerak menuju area pertambangan di Pantai Dlodo dan mengusir "beko" (sejenis alat berat) yang digunakan CV Sumber Mas untuk mengeruk pasir besi di daerah tersebut.

"Mereka sudah melanggar izin pertambangan. Harusnya yang boleh dieksplorasi sesuai surat izin itu hanya di kawasan Desa Rejosari, Kecamatan Kalidawir, tapi kenapa sampai merembet ke sini (Desa Panggungkalak)," seru Handoyo, salah seorang warga dengan nada menghardik.

Sayang, saat masalah itu coba mereka komunikasikan dengan pemilik usaha pertambangan, yang bersangkutan tidak ada. Demikian pula dengan jajaran manajemen CV Sumber Mas selaku pemegang hak kuasa pertambangan pasir besi.

Warga yang sudah terlanjur kesal akhirnya melakukan pemblokadean area tambang secara sepihak, sesaat setelah beko yang digunakan mengeruk ribuan matrik pasir besi diusir menuju Desa Rejosari.

Berdasarkan peta desa yang mereka pegang dan yakini, mereka lalu membuat patok-patok, tepat berada di antara area pantai yang ditambang.

Mereka lalu membentangkan dua buah spanduk tepat di tapal batas kedua desa yang isinya bernada penegasan bahwa area tersebut bukan kawasan eksplorasi.

"Kami meminta 'sampeyan' (anda) segera membawa beko 'sampeyan' ke wilayah Desa Rejosari, sampai masalah ini diselesaikan," ancam Sutaji, koordinator warga dari "The Jayeng Kusumo Center".

Mendapat ancaman seperti itu, Sugianto yang sudah ketakutan lantas menjalankan alat beratnya ke wilayah Desa Rejosari.

Informasi di lapangan, Pantai Dlodo yang tengah ditambang CV Sumber Mas berada di area Desa Rejosari, Kecamatan Kalidawir dan Desa Panggungkalak, Kecamatan Pucanglaban.

Menurut kopian ijin yang diterima warga, tambang tersebut seluas lima hektare dan berada di Desa Rejosari. Namun sejak sebulan lalu, tambang tersebut meluas hingga masuk ke wilayah Desa Panggungkalak.

"Ekspansi" itulah yang kemudian memicu protes. Warga yang tidak terima wilayah desanya ditambang tanpa ijin lantas melakukan gerakan penolakan.

Mereka menyebut, apa yang dilakukan perusahaan penambang sama dengan pencurian aset Pemkab Tulungagung, khususnya warga Desa Panggungkalak.

Kalau menambang tanpa ijin kan sama artinya dengan mencuri. Mencuri aset Pemkab Tulungagung untuk keuntungan perusahaan,? ujarnya.

Dikonfirmasi terpisah, Kepala Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Tulungagung, Sudigdo mengaku bila pihaknya sudah mengecek langsung ke area tambang, namun tidak ketemu dengan kedua belah pihak.

Sudigdo berjanji akan segera menyelesaikan masalah ini secepatnya, dengan menjembatani perusahaan penambang dan warga Desa Panggungkalak, Sabtu (20/8). (Destyan)

Source: antarajatim.com | 19 Agst 2011

+ komentar + 2 komentar

Sabtu, 08 Oktober 2011 pukul 00.29.00 WIB

http://seputartulungagung.blogspot.com/2011/08/warga-tulungagung-blokade-tambang-pasir.html
sampai dimana izin resmi cv sumber mas
mengelola pasir besi di daerah rejosai kalidawir

Terimakasih mohawk552 atas Komentarnya di Warga Tulungagung Blokade Tambang Pasir Besi
Sabtu, 08 Oktober 2011 pukul 17.18.00 WIB

duite d pangan LURAH MIDI

Terimakasih afandi69 atas Komentarnya di Warga Tulungagung Blokade Tambang Pasir Besi

Posting Komentar