Seputar Tulungagung™  ~   Berita Tulungagung Hari Ini 

Warga Sine Syukuran Labuh Laut

Sabtu, 22 Oktober 2011 | 05.33.00 | 0 komentar

Tulungagung - Banyak cara dilakukan para nelayan dalam mewujudkan rasa syukur mereka terhadap Tuhan Yang Maha Esa, salah satunya adalah para nelayan yang berada di Pantai Sine Desa Kalibatur Kecamatan Kalidawir Tulungagung dan sekitarnya. Di daerah ujung selatan Tulungagung yang sebagaian besar penduduknya menggantungkan mata pencaharian sebagai nelayan ini menggelar upacara adat labuh laut.

Labuh laut yang digelar warga pada bulan Selo setiap tahunnya ini menurut Lamiran, salah seorang tokoh nelayan Sine, sebagai bentuk rasa syukur para nelayan Sine terhadap Tuhan Yang Maha Esa, karena setiap tahun diberi hasil panen ikan yang berlimpah.

"Acara ini ditandai dengan penyebaran berbagai boneka ikan dari bahan dasar tepung yang dibuang para nelayan di sepanjang bibir pantai Sine. Boneka ikan dari tepung yang diberi nama Harip-Harip ini dibuat oleh para nelayan selama semalam, para pembuat boneka juga harus memenuhi syarat khusus di antaranya adalah para lelaki muda yang masih belum menikah (bujangan) selain itu sebelum membuat boneka mereka diharuskan menyucikan diri terlebih dahulu dengan mandi keramas. Untuk tahun ini kegiatan labuh laut dilakukan pada hari Jum'at 21 Oktober 2011," ujarnya.

Sebelum boneka tepung ikan dibuang ke tepi pantai terlebih dahulu digelar selamatan bersama di balai pertemuan yang dipimpin oleh tetua adat nelayan. "Setelah selamatan baru kegiatan larung sesaji labuh laut berupa pembuangan boneka Harip-Harip dilakukan. Labuh laut diiringi dengan kesenian tradisional kuda lumping," imbuh Lamiran pada reporter.

Setelah kegiatan labuh laut selesai acara dilanjutkan dengan pentas wayang krucil dengan lakon tidak berubah dari tahun sebelumnya yaitu Mina Ayapan. (Nug/Humas)

Sumber: tulungagung.go.id | Jum'at, 21 Oktober 2011

Posting Komentar