Seputar Tulungagung™  ~   Berita Tulungagung Hari Ini 

Bikin Buku Ala Siswa MAN 2 Tulungagung

Senin, 13 Juni 2011 | 17.58.00 | 2 komentar

Tulungagung - SISWA MAN 2 Tulungagung, Jawa Timur, dilatih membuat buku melalui kegiatan pembelajaran bidang studi desain grafis. Hasilnya, siswa-siswi di madrasah yang baru saja menyabet predikat madrasah aliyah berprestasi tingkat Provinsi Jawa Timur, ini mampu menghasilkan lebih dari 70 buah buku dalam semester II tahun pelajaran 2010-2011.

Buku karya siswa itu, awalnya lebih mengutamakan aspek desain grafis. Namun, buku yang didesain dan dicetak sendiri tersebut ternyata banyak memuat buah pena asli karya siswa. "Sebagian besar, naskah yang didesain menjadi buku merupakan karya asli siswa. Ini sungguh membanggakan,’’ ujar guru mata pelajaran desain grafis MAN 2 Tulungagung, Fajar Shufi Arifin, Senin (13/6).

Fajar menuturkan, buku bikinan anak didiknya selama satu semester ini berjumlah 77 buah. Jika ditambah buku yang dihasilkan siswa pada semester sebelumnya, tambah Fajar, jumlah buku yang dihasilkan anak didiknya sudah lebih dari 100 buah buku.

"Buku-buku ini bikinan siswa yang mengikuti mata pelajaran desain grafis. Mereka kami tugasi membuat produk yang salah satunya berupa buku,’" ujar Fajar. Buku karya siswa itu, sebut dia, di antaranya berupa kumpulan cerpen, kumpulan puisi, novel, humor, aneka tips. Bahkan, ada juga siswa yang membuat buku berisi terjemahan kitab kuning.

"Naskahnya yang dibikin buku, sebagian besar asli buah pena siswa. Jadi, banyak buku karya siswa ini banyak yang orisinil," tandas Fajar Shufi Arifin seraya menunjukkan tumpukan buku karya anak didiknya.

Fajar berharap, buku-buku karya siswa MAN 2 Tulungagung ini ada penerbit yang mau mengangkatnya menjadi buku benaran. Tentu saja, kata Fajar, jika buku anak didiknya itu memang memenuhi sayarat untuk diterbitkan menjadi buku komersial. "Kami sangat senang jika ada penerbit yang tertarik pada buku karya anak didik kami ini," ungkap Fajar Shufi Arifin penuh harap. (Muhibuddin)

Sumber: mediaindonesia.com



+ komentar + 2 komentar

Selasa, 31 Januari 2012 pukul 16.54.00 WIB

emang cah tulungagung apabila dikasih kesempatan pasti bisa di andalkan.... bravo tulungagung

Terimakasih queenara tulungagung atas Komentarnya di Bikin Buku Ala Siswa MAN 2 Tulungagung
Minggu, 14 April 2013 pukul 14.24.00 WIB

Mantap Pak. Fajar Shufi Arifin semogga sukses selalu

Terimakasih Alwi-Rusdi atas Komentarnya di Bikin Buku Ala Siswa MAN 2 Tulungagung

Posting Komentar