Seputar Tulungagung™  ~   Berita Tulungagung Hari Ini 

Gus Ipul: Jamaah Yasin Efektif Persatukan Umat

Selasa, 19 Juli 2011 | 18.50.00 | 0 komentar

Tulungagung - Wakil Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf meyakini bahwa keberadaan Jamaah Yasin menjadi media yang paling efektif dalam mempersatukan umat.

"Bagaimana pun juga Jamaah Yasin mampu mempererat persatuan dan keyakinan umat," katanya dalam Haflah Akhirussanah Pondok Pesantren Salafiah Afandi di Desa Wateskroyo, Kecamatan Besuki, Kabupaten Tulungagung, Senin (18/7) malam.

Oleh sebab itu, dia meminta masyarakat, baik di perdesaan maupun perkotaan, tetap melestarikan perkumpulan yang aktivitas utamanya adalah membaca Surat Yasin secara bersama-sama.

"Saya yakin, jamaah seperti ini akan tetap lestari karena berdasarkan pengalaman anggotanya terus bertambah," kata salah satu Ketua PBNU itu di depan sekitar 800 undangan yang memadati halaman masjid PP Afandi itu.

Ia mengemukakan bahwa aktivitas Jamaah Yasin tidak hanya membacakan salah satu surat dalam Al Quran itu, melainkan juga menjadi wahana interaksi antar-umat Islam dari berbagai lapisan.

"Umat juga harus yakin bahwa jamaah ini secara tidak langsung dapat menjadi solusi atas berbagai persoalan tentang kehidupan," kata salah satu keponakan mantan Presiden Abdurrahman Wahid itu.

Dalam kesempatan itu, Saifullah mengaku bangga dengan para ulama yang masih tetap berupaya melestarikan ajaran "Jamaah Ahlussunnah wa Jama'ah" secara konsisten melalui sistem pendidikan yang diterapkan di pondok pesantren salafiah.

"Keberadaan pondok pesantren seperti ini sangat membantu pemerintah dalam membangun karakter masyarakat yang santun dan berakhlak. Maka, sudah menjadi kewajiban bagi pemerintah untuk memperhatikannya," ucap Wagub.

Ia melihat pondok pesantren salafiah tetap dapat berkembang atas totalitas dan keikhlasan para pengasuhnya dalam mendidik para santri, meskipun tidak mendapatkan honor sebagaimana guru sekolah umum.

"Lihat saja para kiai pengasuh pondok pesantren, baju dan sarungnya tidak pernah ganti. Tapi, dia tetap membangun pondok dengan uangnya sendiri," ujar Saifullah yang sejak masa kanak-kanak tinggal di lingkungan pondok pesantren itu.

Selain Wagub Jatim, Haflah Akhirussanah di PP Afandi itu juga dihadiri Bupati Tulungagung, Heru Tjahjono, bersama jajaran pejabat dan muspida setempat. Sumber: Antara

Posting Komentar