Seputar Tulungagung™  ~   Berita Tulungagung Hari Ini 

30 Kabupaten/Kota Masuk Dalam Nominasi "IGA 2010"

Selasa, 21 September 2010 | 17.44.00 | 0 komentar

Sebanyak 30 kabupaten/kota masuk sebagai nominasi penerima Penghargaan Pemerintah Daerah Inovatif (Innovative Government Award/IGA) 2010 dari Kementerian Dalam Negeri.

Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kemdagri Diah Anggraeni, di Jakarta, Selasa, mengatakan, nominasi ini diberikan pada 30 daerah tersebut karena terobosan dan kreatifitasnya untuk mengingkatkan pelayanan dan kesejahteraan masyarakat.

Kabupaten/kota yang masuk dalam nominasi yaitu Kota Sawahlunto, Kabupaten Solok, Kota Batam, Kabupaten Bangka, Kabupaten Lebak, Kabupaten Garut, Kota Sukabumi, Kabupaten Tasikmalaya, Kota Pekalongan, Kabupaten Sragen, Kota Surakarta, Kabupaten Kebumen, dan Kabupaten Purbalingga.

Selanjutnya yaitu Kota Malang, Kabupaten Jember, Kabupaten Ponorogo, Kabupaten Tulungagung, Kota Pontianak, Kota Kutai Timur, Kota Palangkaraya, Kabupaten Tanah Bumbu, Kabupaten Gianyar, Kabupaten Jembrana, Kabupaten Sumbawa, Kabupaten gowa, Kota Baubau, Kabupaten Wakatobi, Kabupaten Boalemo, Kota Ambon, dan Kabupaten Raja Ampat.

"Tim Tenaga Ahli IGA telah menghasilkan 30 kabupaten/kota sebagai nominator terpilih untuk dikaji dan dinilai lebih lanjut kedalam tahapan seleksi berikutnya," katanya dihadapan bupati/wali kota dari 30 daerah yang masuk nominasi.

Ia menjelaskan, terdapat empat kategori penilaian untuk mendapatkan penghargaan ini yakni bidang tata kelola pemerintahan daerah, peningkatan pelayanan publik, pemberdayaan masyarakat, dan peningkatan daya saing daerah.

Sebanyak 30 kabupaten/kota tersebut akan diseleksi kembali sehingga diperoleh 12 kabupaten/kota unggulan.

"Dari 30 nominator terpilih akan diseleksi dengan mempertimbangkan tanggapan dan saran/pendapat dari pemerintah provinsi. Selanjutya tim tenaga ahli akan mengkaji dan menilai," katanya.

Dari 12 kabupaten/kota unggulan akan dipilih empat kabupaten/kota terbaik sebagai pemenang Penghargaan Pemerintahan Daerah Inovatif.

Penganugerahan terhadap empat kabupaten/kota pemenang akan disampaikan oleh Menteri Dalam Negeri pada Oktober 2010. Mendagri juga akan memberikan piagam penghargaan untuk kabupaten/kota unggulan lainnya.

Sementara itu, inovasi-inovasi yang telah dilakukan oleh kabupaten/kota sehingga dianggap layak masuk nominasi sangat beragam. Di Garut, misalnya, diberlakukan program, wajib bagi pasangan yang menikah atau bercerai untuk menanam pohon.

Di Jember, pemerintah setempat berinovasi untuk mendirikan bank bagi keluarga miskin (Bank Gakin). Selanjutnya di Raja Ampat, dibuat program kawasan perlindungan laut untuk menjaga lingkungan hidup dan perkembangan pariwisata.

Kemudian di Gianyar, pemerintah kabupaten membuat program peningkatan daya saing daerah dengan pendekatan "one village one product". Sedangkan di Sukabumi, terdapat program integrasi pengelolaan sampah dengan penggemukan sapi dan padi organik.

Pemberian penghargaan bagi kabupaten/kota ini sesuai dengan mandat pasal 219 Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah yang mengamanatkan, dalam rangka pembinaan pemerintahan daerah, pemerintah memberikan penghargaan pada pemerintah daerah yang berprestasi.

Penganugerahan IGA 2010 ini merupakan kegiatan ketiga yang telah dilaksanakan Kemdagri. (Fat/At)

Sumber: berita8.com

Posting Komentar