Seputar Tulungagung™  ~   Berita Tulungagung Hari Ini 

Pemkab Tulungagung Gelar Sosialisasi Kewirausahaan

Rabu, 01 Juni 2011 | 02.27.00 | 0 komentar

Tulungagung - Pemerintah Kabupaten Tulungagung menggelar sosialisasi kewirausahaan kepada sejumlah pelaku usaha ekonomi produktif penerima bantuan program kredit usaha mikro, kecil, menengah, dan koperasi (UMKMK), Selasa.

Acara sosialisasi yang diselenggarakan di ballroom Hotel Istana itu diikuti oleh sedikitnya 75 peserta, terdiri atas tim teknis dana bergulir Kabupaten Tulungagung, kasi pembangunan dan perekonomian kecamatan, seluruh pelaku usaha ekonomi produktif yang telah dinyatakan lulus seleksi.

"Kegiatan ini kami gelar untuk meningkatkan pemahaman masyarakat terhadap program dana bergulir Provinsi Jawa Timur," kata Ketua Panitia Penyelanggara Sosialisasi Kewirausahaan kepada Pelaku Usaha Ekonomi Produktif Kabuapaten Tulungagung, Hariyanto.

Dengan begitu, lanjut dia, diharapkan UMKMK sebagai usaha ekonomi produktif dapat bergerak lebih maju pada setiap usahanya sehingga berdampak pada perluasan lapangan kerja serta roda perekonomian secara riil

Hal senada disampaikan Sekretaris Daerah Tulungagung Maryoto Birowo. Ia mengatakan, usaha ekonomi produktif merupakan kegiatan usaha yang mampu memperluas lapangan kerja dan memberikan pelayanan ekonomi yang luas pada masyarakat.

"Tumbuhnya ekonomi produktif akan berperan dalam proses pemerataan, meningkatkan pendapatan masyarakat, serta mendorong pertumbuhan ekonomi sekaligus memberi kontribusi terwujudnya stabilitas nasional," ujarnya menyitir kata sambutan Bupati Heru Tjahjono.

Mantan Kepala Dinas Pendidikan Tulungagung ini menambahkan, salah satu bentuk kepedulian Pemerintah Provinsi Jawa Timur dan Pemkab Tulungagung terhadap pengembangan usaha ekonomi produktif adalah dengan mengucurkan dana bergulir dengan bunga lunak melalui program UMKMK.

Karena itu, pihaknya banyak berharap agar setiap lembaga perbankan yang telah ditunjuk oleh pemerintah provinsi di Kabupaten Tulungagung ikut mendukung program pembangunan usaha ekonomi produktif usaha mikro, kecil, maupun menengah.

"Peran dunia perbankan dalam menyukseskan program ini tentu sangatlah vital. Perlu upaya bersama untuk menumbuhkan sektor ekonomi produktif masyarakat melalui berbagai program pinjaman lunak yang bisa digulirkan secara terus-menerus dan berkesinambungan," tandas Maryoto Birowo.

Sumber: Antara

Posting Komentar