Seputar Tulungagung™  ~   Berita Tulungagung Hari Ini 

Kiriman Uang TKI Tulungagung Capai Rp10 Miliar

Jumat, 26 Agustus 2011 | 19.01.00 | 0 komentar

Tulungagung - Pengiriman uang (remitansi) yang dilakukan tenaga kerja Indonesia (TKI) asal Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur, selama bulan Ramadan atau menjelang Lebaran 1432 H ini diperkirakan mencapai kisaran Rp10 miliar.

"Kalau melihat tren pengiriman uang TKI Tulungagung yang cenderung terus meningkat menjelang Lebaran ini, sepertinya angka Rp10 miliar itu bisa tembus," ujar Supervisor Pelayanan Kantor Pos Tulungagung, Arif Budiman, Kamis.

Nilai yang disebut Arif tersebut baru sebatas perkiraan besaran transaksi keuangan yang dilakukan para TKI Tulungagung melalui jasa western union (WU), terhitung mulai awal puasa lalu hingga H-1 Lebaran.

"Kalau digabung dengan remitansi TKI yang menggunakan jasa perbankan, mungkin nilainya jauh lebih besar," kata Arif.

ia menyebutkan, saat ini kiriman uang TKI telah menembus angka Rp325 juta per hari. Besaran atau nilai transaksi itu diperkirakan akan lebih besar seiring kian dekatnya hari Lebaran yang jatuh pada 30 Agustus mendatang.

"Pada hari-hari biasa, kiriman uang TKI yang menggunakan jasa western union biasanya hanya berkisar antara 200 hingga 300 kali transaksi dengan nilai rata-rata per transaksi sebesar Rp1 juta per hari," ujarnya.

Menurut perhitungannya, jika sehari rata-rata nilai transaksi keuangan dari TKI Tulungagung yang bekerja di luar negeri bisa mencapai Rp325 juta sejak awal Ramadhan, maka hingga H-1 Lebaran nanti kami optimis bisa menembus Rp10 miliar," ujarnya yakin. (Destyan)

Source: Antarajatim | 25 Agst 2011

Posting Komentar