Seputar Tulungagung™  ~   Berita Tulungagung Hari Ini 

Kunjungan Paguyuban Pecinta Batik Indonesia Sekar Jagad

Selasa, 22 November 2011 | 18.16.00 | 0 komentar

Tulungagung - Paguyuban Pecinta Batik Indonesia (PPBI) “Sekar Jagad” Yogyakarta yang mempunyai visi melestarikan dan mengembangkan Batik Indonesia yang bertujuan meningkatkan kecintaan dan promosi batik untuk berbagai fungsi dan keperluan, mengunjungi perajin batik Tulungagung dalam rangka penelusuran keberadaan aneka corak motif batik.

Rombongan diterima di galeri Batik Barong Gung oleh perajin Batik Tulungagung didampingi Dra. Nina Umi Hani’in, Kabid Industri Logam Aneka Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Tulungagung. Setelah melihat langsung proses pembuatan batik, rombongan PPBI melihat koleksi dan berbelanja Batik Tulungagung.

Obyek kedua yang dikunjungi PPBI adalah Batik Gajah Mada, diterima langsung oleh pemiliknya, Ny. Danu Mulya. Rombongan menerima penjelasan secara detail tentang motif dan corak khas Batik Tulungagung, yang diteruskan dengan belanja Batik Tulungagung yang nantinya akan dipakai dan dibawa kunjungan dan wisata batik ke berbagai daerah di Indonesia bahkan di luar negeri, sehingga Batik Tulungagung akan lebih dikenal dan meningkatkan promosi batik, yang pada akhirnya menjadikan batik sebagai wahana untuk mensejahterakan masyarakat khususnya perajin batik.

Diakhir kunjungan ketua rombongan Prof. Dr. Ir. Murdijati Gardjito menyerahkan buku Teknik dan Ragam Hias Batik kepada Dinas Perindustrian dan perdagangan, Batik Barong Gung, Gajah Mada, Sigit Batik, Kalang kusuma, Satrio Manah dan batik Majan.

Sumber: tulungagung.go.id | Selasa, 22 November 2011

Posting Komentar