Seputar Tulungagung™  ~   Berita Tulungagung Hari Ini 

Tahapan Pilkada Tulungagung dimulai 14 Juli 2012

Jumat, 08 Juni 2012 | 07.26.00 | 0 komentar

Tulungagung - Tahapan Pemilihan Kepala Daerah Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur, akan dimulai pertengahan Juli 2012.

"Dimulainya tahapan Pilkada Tulungagung akan ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) antara KPU dengan lembaga-lembaga terkait, seperti kepolisian (polres), pemkab, kejaksaan, panwaskab, maupun kalangan partai politik peserta pilkada," kata Pokja Perencanaan KPU Tulungagung Fattah Masrun, Rabu.

Sebelum itu, lanjut Fattah, pihaknya terlebih dulu mempersiapkan seluruh kepanitiaan pelaksana/penyelenggara pilkada, mulai dari tingkat kabupaten, kecamatan, hingga desa.

Salah satu agenda mendesak yang tengah disusun tim KPU adalah persiapan rekrutmen panitia pemilihan tingkat kecamatan (PPK) serta panitia pemungutan suara (PPS) yang jumlahnya secara keseluruhan mencapai 16.681 orang.

Pengumuman soal rekrutmen PPK maupun PPS itu akan digelar selama dua hari, 19--20 Juni, kemduian dengan dilanjutkan pembukaan pendaftaran selama tujuh hari.

"Setelah itu baru dilakukan seleksi administrasi selama tiga hari. Seluruh proses seleksi akan dilakukan langsung oleh tim KPU," imbuhnya.

Namun, kata Fattah, khusus untuk penjaringan PPS kemungkinan akan dibantu oleh tim PPK dari masing-masing kecamatan yang sudah terpilih lebih dulu.

Ketua KPU Tulungagung Suyitno Arman berharap, saat dimulainya seluruh rangkaian tahapan pilkada maupun persiapan pra-peluncuran pilkada pada 14 Juli, tim panwas bisa terus melakukan proses monitoring.

Pengawasan tersebut dinilai penting untuk menghindari prasangka maupun peluang manipulasi, termasuk dalam hal rekrutmen anggota PPK dan PPS.

"Kami ingin pilkada ini bisa berjalan transparan dan bisa dipertanggungjawabkan," tandasnya.

Pelaksanaan Pilkada Tulungagung dijadwalkan pada akhir Januari 2013. Pemkab setempat telah menyetujui anggaran pelaksanaan pilkada tersebut senilai Rp14 miliar, dari total kebutuhan anggaran Rp20 miliar yang diajukan KPU setempat.
(ANT-130/N002)

Sumber: ANTARA News | Rabu, 6 Juni 2012

Posting Komentar