Seputar Tulungagung™  ~   Berita Tulungagung Hari Ini 

Pemilukada Tulungagung Januari 2013

Selasa, 28 Juni 2011 | 02.43.00 | 3 komentar

Tulungagung - Hampir bisa dipastikan perhelatan Pemilukada Kabupaten Tulungagung bakal berlangsung pada Januari 2013 mendatang. Tidak dimajukan pada Bulan Desember 2012 seperti yang diperkirakan sebelumnya.

Ketua KPU Tulungagung, Suyitno Arman SSos pada Bhirawa, Senin (27/6), mengungkapkan hari pemungutan suara Pemilukada setempat tahun 2013 bakal dilakukan pada Bulan Januari.

"Kami perkirakan dan ini hampir pasti Januari 2013 sudah bisa dilakukan pemungutan suara," ujarnya.

Suyitno Arman yang biasa disebut dengan nama singkat Arman tersebut membeberkan hari H Pemilukada Tulungagung tahun 2013 tidak mungkin dipercepat pada Bulan Desember 2012. Kendati memang pemungutan suara Pemilukada tahun 2013 dilakukan lebih cepat dibanding tahun 2009 yang dihelat pada Bulan Maret.

"Kalau dilakukan Bulan Desember 2012 sepertinya tidak mungkin. Ini terkait pula dengan anggaran. Anggaran di APBD kan cairnya mulai awal tahun untuk yang 2013. Karena itu hampir bisa dipastikan pemungutan suara di lakukan pada Bulan Januari," paparnya.

Sebelumnya, Arman memberi alasan mengapa pelaksanaan Pemilukada Tulungagung tahun 2013 dilaksanakan relatif lebih cepat jika dibanding Pemilukada tahun 2009 lalu. "Kami menghitung kemungkinan ada gugatan ke MK (Mahkamah Konstitusi) oleh calon peserta Pemilukada. Selain dimungkinkan dilaksanakan dua putaran sebelum acara pelantikan pada Bulan April 2013," paparnya lagi.

Arman yang alumni Universitas Airlangga (Unair) Surabaya juga menyatakan kesiapan seluruh anggota KPU setempat dalam perhelatan Pemilukada yang hanya tinggal setahun lagi. "Dalam tahun ini kami akan koordinasi dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Pemkab terkait DP4 (Daftar Penduduk Potensial Pemilih Pemilu)," tambahnya.

KPU Tulungagung, lanjut dia, memperkirakan jumlah penduduk Tulungagung saat pelaksanaan Pemilukada tahun 2013 mencapai 1,2 juta jiwa. Sedang jumlah pemilihnya sebanyak 950 ribu jiwa.

Sementara itu, Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Pemkab Tulungagung, Drs Eko Sugiono MM ketika dikonfirmasi menyatakan kesiapannya jika sewaktu-waktu KPU menginginkan data DP4. "Kami mulai sekarang sudah siap. Kapan pun KPU membutuhkan data DP4 akan kami serahkan," katanya.

Eko Sugiono memperkirakan jumlah penduduk Tulungagung pada saat Pemilukada tahun 2013 hanya berjumlah 1,1 juta jiwa. Turun dari perkiraan 1,2 jiwa. Alasannya, pelaksanaan Pemilukada usai Tulungagung memberlakukan KTP elektronik (e-KTP) pada tahun 2012. [wed]

Sumber: Media Online Bhirawa

+ komentar + 3 komentar

Minggu, 28 Oktober 2012 pukul 14.15.00 WIB

Semoga Pemilukada Tulungagung yang sudah di depan mata bisa berjalan dengan aman dan lancar, serta menghasilkan pemimpin yang amanah sesuai harapan rakyat...

Terimakasih Iklan Kediri - Tulungagung atas Komentarnya di Pemilukada Tulungagung Januari 2013
Rabu, 31 Oktober 2012 pukul 11.50.00 WIB

mohon pencerahan, kalau rumah kami di jl agus salim 65 timbul bau bauan yang tidak sedap sepanjang hari yang mana kami tenggarai muncul dari depan rumah ( ada lubang saluran air trotoar yang tertutup), dan sebelah kami adalah agus salim 63 adalah tempat pembuatan roti. Kami tidak menuduh tapi ingin menganalisa apakah yang harus kami perbuat.

Terimakasih Motor-motor Berguna Yang Dulunya Ditakuti Banyak Orang atas Komentarnya di Pemilukada Tulungagung Januari 2013
Senin, 26 November 2012 pukul 11.38.00 WIB

Semoga seluruh calon pasanga Bupati dan wakil bupati merupakan orang-orang yang baik dan memiliki karakter yang kuat dalam memimpin,sukses kan Pemilukada Tulungagung dengan rasa Keguyub rukunan dan kebersamaan, menang dan kalah, it's just a game... jangan jadikan kebencian dan jangan suarakan permusuhan diantara masyarakat...apalagi kalau sampai anarkhy...nggak sportif dech....!!! Sukses Kota Marmer Tulungagung dalam PILKADA..2013

Terimakasih SUKSES PEMILUKADA TULUNGAGUNG atas Komentarnya di Pemilukada Tulungagung Januari 2013

Posting Komentar