Seputar Tulungagung™  ~   Berita Tulungagung Hari Ini 

Separuh Jalan di Tulungagung Rusak

Jumat, 29 Juli 2011 | 20.20.00 | 0 komentar

Tulungagung - Akibat kekurangan dana pemeliharaan jalan beraspal, dipastikan warga Tulungagung atau orang yang berkunjung ke Kota Marmer dalam lebaran tahun ini masih akan menjumpai jalan aspal yang rusak atau berlubang.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU), Bina Marga dan Cipta Karya Pemkab Tulungagung, Ir Agus Wahyudi MM pada Bhirawa, Senin (24/7) mengakui jika saat ini kesulitan dana dalam memelihara jalan aspal. "Karena itu, pada lebaran kali ini kami masih belum bisa menjanjikan seluruh jalan aspal akan mulus," ujarnya.

Namun demikian, ia bertekad akan mengusahakan perbaikan jalan-jalan aspal berlubang yang menghubungkan antardesa atau setidaknya jalan aspal yang menghubungkan antarkecamatan. "Hanya itu yang dapat kami lakukan dengan dana minim," tandasnya.

Menurut Agus Wahyudi sesuai data yang dimilikinya, jalan beraspal yang rusak dari kategori ringan, sedang sampai berat mencapai separuh dari panjang jalan di seluruh kabupaten berikon marmer tersebut. Jika saat ini panjang jalan beraspal 1600 kilometer maka yang rusak sepanjang 800 kilometer.

"Kenyataannya memang begitu, sekitar 800 kilometer jalan beraspal yang rusak. Sebab rusak ada karena sering dilewati truk bertonase besar atau karena hujan," paparnya.

Lalu berapa dana pemeliharaan jalan beraspal yang diterima Dinas PU, Bina Marga dan Cipta Karya Pemkab Tulungagung dalam tahun 2011, Agus Wahyudi membeberkan hanya mendapat kucuran Rp 4 miliar saja. Itu pun dari dana APBD Pemprov Jatim.

Untuk memelihara jalan aspal sepanjang 1600 kilometer, lanjut Agus Wahyudi diperlukan dana sebesar Rp 22 miliar. "Coba hitung saja berapa kekurangannya. Kalau kemudian masih ada jalan rusak yang belum tertangani harap maklum karena memang anggarannya minim. Hanya 4 miliar saja," paparnya lagi.

Menjawab pertanyaan, mantan Kabid Jalan dan Jembatan serta Sekretaris di Dinas PU Bina Marga dan Cipta Karya Pemkab Tulungagung ini menyebut sudah berusaha memburu dana tambahan ke Pemerintah Pusat dan Pemprov Jatim. Termasuk mengajukan dana tambahan dalam perubahan anggaran keuangan (PAK) APBD Kab Tulungagung 2011. "Kita lihat saja nanti apakah ada dana tambahan atau tidak. Harapan kami tentu ada dana tambahan untuk dana pemeliharaan jalan," harapnya. [wed]

Source: Bhirawa

Posting Komentar