Seputar Tulungagung™  ~   Berita Tulungagung Hari Ini 

Ngintip Jalur Mudik, Polda Jatim Siapkan 180 CCTV

Kamis, 25 Agustus 2011 | 19.05.00 | 0 komentar

Dirlantas Polda Jawa Timur menyiapkan 180 Close Circuit Television (CCTV) untuk memantau jalur mudik dan balik Lebaran 2011. Pemantauan itu dilakukan secara terpusat di Regional Traffic Management Centre (RTMC) Polda Jawa Timur dan online dengan National Traffic Management Centre (NTMC) di Mabes Polri.

AKBP Valentino Alfa Tatareda Kabag Pembinaan Operasional Dirlantas Polda Jawa Timur pada suarasurabaya.net mengatakan, 180 CCTV itu diantaranya tersebar di wilayah Surabaya sebanyak 68 unit, Tulungagung sebanyak 31 unit, Nganjuk sebanyak 8 unit, Malang 3 unit, Sidoarjo 8 unit, dan Gresik 6 unit. Belum lagi CCTV yang dikelola PT Jasa Marga di jalan tol dan CCTV yang dikelola pemkab/pemkot lain di Jawa Timur.

Menurut Valentino, RTMC Polda Jatim mengawasi CCTV tersebut 24 jam dan menindaklanjuti kejadian yang bisa terpantau. Semisal terjadi kemacetan, RTMC melaporkannya ke Polres jajaran terkait untuk bisa diambil tindakan. “Selama ini selalu ditindaklanjuti,” kata dia.

Selain penanggulangan kemacetan, CCTV ini juga berguna untuk mengawasi jalur-jalur yang rawan kejahatan. Teknologi CCTV ini mampu merekam dan melakukan zoom gambar sehingga bisa tertangkap gambar plat nomor maupun pengemudinya. “Ada beberapa kejadian kriminalitas yang terungkap dengan bantuan CCTV,” jelas Valentino.

Diakui dia, jumlah CCTV ini memang belum ideal. Mestinya ada ribuan CCTV yang dipasang di setiap persimpangan dan jalur-jalur rawan macet, kecelakaan, maupun kriminal. Tapi setidaknya, kata Valentino, dengan perlengkapan yang ada ini, polisi berupaya menyelesaikan tugasnya dengan optimal.(edy)

Source: suarasurabaya.net | 25 Agustus 2011

Posting Komentar