Seputar Tulungagung™  ~   Berita Tulungagung Hari Ini 

Polres Tulungagung Luncurkan Program "Mudik Budhal Awal"

Kamis, 18 Agustus 2011 | 00.40.00 | 0 komentar

Tulungagung - Jajaran Satuan Lalu Lintas Polres Tulungagung, meluncurkan program "Mudik Budhal Awal", sebagai bagian dari pengamanan arus mudik dan balik Lebaran.

Menurut Kasat Lantas, AKP Satria Permana, Rabu, program "Mudik Budhal Awal" ini merupakan program yang dicanangkan Polda Jawa Timur untuk mengurangi kepadatan arus lalu-lintas selama musim mudik lebaran.

"Sesuai arahan dari Kapolda Jawa Timur, kami luncurkan program 'Mudik Budhal Awal' di wilayah hukum kami. Program ini sangat penting untuk mengurangi kepadatan arus lalu-lintas saat mudik lebaran," terangnya.

Tujuan dari program ini, kata dia, adalah untuk menghindari penumpukan arus mudik pada saat hari-hari menjelang lebaran, mulai dari tiga hari menjelang lebaran hingga sehari menjelang lebaran.

Dari pengalaman tahun sebelumnya, penumpukan selalu terjadi pada tiga hari berturut-turut sebelum lebaran dan terjadi risiko lalu-lintas, mulai dari kemacetan serta kecelakaan.

"Dari evaluasi pelaksanaan mudik tahun-tahun sebelumnya, arus lalu-lintas mencapai puncaknya saat H-3, H-2 dan H-1. Lalu-lintas biasanya padat cenderung macet, dan angka kecelakaan juga naik," tambahnya.

Lebih jauh kasat lantas menjelaskan, pada prinsipnya program ini memulangkan orang-orang yang mudik secepat mungkin.

Jika para karyawan atau pegawai instansi belum libur, para calon pemudik bisa memulangkan anggota keluarganya terlebih dahulu.

"Kalau karyawan atau pegawai belum dapat libur, setidaknya istri atau anaknya dipulangkan lebih dulu agar volume lalu-lintas akan berkurang pada saat puncak arus mudik nanti," katanya.

Karena itu, untuk menyukseskan program tersebut, Satuan Lalu Lintas Polres Tulungagung saat ini giat melakukan sosialisasi, terutama dalam upaya meyakinkan masyarakat tentang keuntungan mudik lebih awal.

Selain tidak macet, nyaman, dan cepat, perjalanan mudik dipastikkan juga relatif lebih aman.

Sebagai bagian dari program ini, Polres Tulungagung juga menghapuskan pengawalan program mudik bersama seperti tahun-tahun sebelumnya. Alasannya, jika program ini dijalankan maka para pemudik akan terkonsentrasi di hari tertentu dimana dilakukan pengawalan.

"Konsekuensi dari "mudik budhal awal" ini pengawalan mudik barang pun harus ditiadakan. Sebab, jika tetap diadakan pengawalan khusus pemudik, maka akan terjadi konsentrasi lalu-lintas di hari pelaksanaan," ujarnya. (Destyan)

Source: antarajatim.com | 17 Agst 2011

Posting Komentar