Seputar Tulungagung™  ~   Berita Tulungagung Hari Ini 

248 Warga Tulungagung Terinfeksi HIV

Sabtu, 03 Desember 2011 | 19.05.00 | 0 komentar

Tulungagung - Berkenaan hari AIDS sedunia,ada 248 warga Tulungagung yang terinfeksi HIV. Dari sudut pandang profesi, urutan pertama yang terkena adalah profesi sebagai wirausaha dan pemilik usaha.

Dari jumlah 248 orang yang terkena HIV tersebut menurut data ODHA berdasarkan gender terbagi atas 106 orang berjenis kelamin laki-laki dan yang berjenis kelamin perempuan jumlahnya sebesar 142 orang. Sedangkan yang terjangkit AIDS sebanyak 139 orang.

Sedangkan data yang berdasarkan umur, yang paling banyak terkena penyakit HIV/AIDS adalah usia antara 21-30 tahun terdapat 81 orang dan usia antara 30-40 tahun 87 orang. Usia ini adalah usia produktif. Sedangkan untuk usia di bawah 10 tahun yang terkena sebanyak 11 anak.

“Urutanya adalah Wirausaha dan pemilik usaha, Pekerja Seks komersial (PSK), ibu rumah Tangga,Tenaga Kerja Indonesia (TKI),” kata Kasi Pengendalian penyakit menular Dinkes Tulungagung, Didik Eka.

Lanjut katanya, untuk Pekerja Seks Komersial itu sendiri masih dibagi lagi. Yaitu PSK langsung. Dalam hal ini PSK yang berada di lokalisasi 30% yang terjangkit. Kemudian PSK tidak langsung. Seperti SPG, Purel (pemandu lagu) yang berada di tempat hiburan malam, yang terjangkit sebesar 70 %.

Dengan kenyataan tersebut Didik Eka menghimbau kepada seluruh masyarakat Tulungagung untuk menghindari perbuatan seks bebas atau penggunaan Narkoba. Karena disinyalir yang paling terkena penyakit ini karena melakukan kegiatan tersebut.

Untuk mengantisipasi berkembangnya penyakit HIV/AIDS di Kabupaten Tulungagung, pihak Dinkes Tulungagung dari tahun ke tahun dan di setiap ada momen terus melakukan sosialisasi terhadap masyarakat. Pelaksanaan kegiatan ini difokuskan di tempat hiburan malam yang tumbuh menjamur di kabupaten Tulungagung.Cip

Sumber: surabayapagi.com | Sabtu, 3 Desember 2011

Posting Komentar