Seputar Tulungagung™  ~   Berita Tulungagung Hari Ini 

Pemprov Jatim Optimistis Target Produksi Padi Tercapai

Kamis, 16 Juni 2011 | 18.30.00 | 0 komentar

Tulungagung - Pemerintah Provinsi Jawa Timur optimistis target produksi padi atau gabah kering giling sebesar 11,8 juta ton tetap akan tercapai, meski wabah hama wereng batang coklat meluas di sejumlah daerah.

"Asal upaya pengendalian hama ini intensif dilakukan, seperti sekarang, kami sangat yakin target produksi gabah kering giling yang mencapai 11,8 juta ton terpenuhi hingga akhir Desember 2011 nanti," Kepala Dinas Pertanian Provinsi Jawa Timur, Wibowo Eko Putro saat berkunjung ke Kabupaten Tulungagung, Kamis.

Ia berdalih, keyakinan tersebut bukannya tanpa dasar. Predisksinya mengacu pada hasil ramalan Badan Pusat Statistik (BPS) Jatim yang baru akan dipublikasikan sekitar bulan Juli 2011.

"Sebab berdasar angka ramalan kedua BPS yang dirilis Bulan Juli nanti, produksi gabah kering giling di Jatim akan lebih dari 11,8 juta ton," ujarnya, memberi bocoran.

Meski merasa optimistis, orang nomor satu di Dinas Pertanian Pemprov Jatim, ini mengakui gangguan hama wereng batang coklat sempat memengaruhi hasil produksi padi petani pada musim tanam pertama, yakni antara bulan Januari-Maret lalu.

Tanpa menyebut angka secara spesifik, Wibowo Eko, menyatakan volume padi ataupun gabah kering giling pada periode yang sama tahun 2010 lalu masih lebih tinggi di banding hasil musim tanam pertama tahun 2011.

Penurunan produksi itu selain dipengaruhi faktor cuaca yang tidak menentu, bencana banjir, juga disebabkan serangan hama wereng coklat.

"Pada musim tanam kedua yang berlangsung antara bulan Mei-Juli ini kami harap minimal bisa sama dengan periode musim tanam kedua tahun lalu (2010), sekali lagi asal upaya pengendalian (hama) dilakukan serempak dan terus-menerus seperti sekarang," tandasnya.

Sumber: Antara

Posting Komentar