Seputar Tulungagung™  ~   Berita Tulungagung Hari Ini 

Tingkatkan Produksi Susu Sapi, Pemprov Jatim Siap Kucurkan Dana

Selasa, 26 Juli 2011 | 01.11.00 | 0 komentar

Surabaya - Pemerintah Provinsi Jawa Timur siap kucurkan dana berapapun yang dibutuhkan para peternak sapi. Untuk tahap pertama, Pemprov Jatim sudah menyediakan Rp 200an miliar untuk penjaminan kredit daerah.

Saifullah Yusuf Wakil Gubernur Jawa Timur usai membuka Lokakarya “Pengembangan Persusuan yang Berkelanjutan di Indonesia”, Senin (25/7/2011) mengatakan pihaknya tengah mengupayakan peningkatan produksi susu segar khususnya di Jawa Timur. Untuk itu, Pemprov Jatim sudah bekerjasama dengan PT Nestle dalam rangka mempekuat peternak baik dari sisi penambahan ilmu dan pemberian bibit berkualitas.

Biaya investasinya sendiri sudah disiapkan sebesar Rp 1 triliun lebih yang akan diberikan secara bertahap. Tahun ini, program kerjasama tersebut sudah dimulai. “Dana sudah siap, berapapun yang dibutuhkan akan kita siapkan. Secara bertahap akan diberikan,” ujar Gus Ipul panggilan akrabnya kepada wartawan.

Tahap awal, Pemprov Jatim melalui Jamkrida sudah menyiapkan Rp 200an miliar. Dana tersebut akan diutamakan untuk peternak sapi perah yang visible tapi tidak bankable. Sasarannya adalah peternak yang berada di beberapa kawasan seperti Tulungagung, Blitar, Malang, Pasuruan, Probolinggo, Lamongan dan Tuban.

Saat ini, Jawa Timur merupakan daerah pasokan utama susu segar di Indonesia. Produksinya mencapai 1 juta ton per tahun. Sedangkan kebutuhan susu segar sebanyak 2 juta ton per tahun. Di Indonesia kurang labih ada 127.221 KK peternak sapi perah dengan 90 buah koperasi susu. Populasi sapi perah 387 ribu ekor dengan produksi susu 10 liter per ekor. Konsumsi susu per kapita per tahun pada 2009 tercatat 11,6 kg, masih tergolong rendah.

Karena itu Pemprov Jatim bersama PT Nestle menggelar lokakarya untuk mencari cara meningkatkan produktivitas dan kualitas peternakan sapi perah serta mendukung pengembangan persusuan yang berkelanjutan di daerah pedesaan di Indonesia.(git)
Sumber: suarasurabaya.net

Posting Komentar