Seputar Tulungagung™  ~   Berita Tulungagung Hari Ini 

Pegadaian Salurkan Kredit Kemitraan Pertanian

Kamis, 15 Desember 2011 | 04.50.00 | 0 komentar

JAKARTA - Perum Pegadaian menggandeng empat BUMN yakni PT Pertani, PT Garam, PT BUMN Hijau Lestari I, dan PT BUMN Hijau Lestari II BUMN untuk mengembangkan Program Kemitraan dan Pegadaian Go Green.

Direktur Utama (Dirut) Perum Pegadaian, Suwhono, mengatakan, program kemitran ini sebagai tindak lanjut dari Inpres no. 5 tahun 201 tentang pengamaan produksi beras nasional dalam menghadapi iklim ekstrim.

"Kementerian BUMN sudah menunjuk 4 BUMN yang bergerak di bidang pertanian sebagai operator dana kemitraan untuk Program Gerakan Peningkatan Produktivitas Pangan Berbasis Korporasi (GP3K) dan kami merealisasikan program tersebut melalui kerja sama ini," kata Suwhono di Kantor Pusat Perum Pegadaian, Rabu (14/12/2011).

Suwhono mengatakan, pihaknya menyalurkan Kredit Kemitraan sebesar Rp23,9 miliar kepada PT Pertani, yang akan disebar kepada petani di Provinsi Nangroe Aceh Darussalam, Jawa Tengah, DIY, Jawa Timur, dan Bali.

"Untuk menunjang keberhasilan, petani akan diberikan dana pelatihan dan pendampingan manajemen budidaya pertanian sebesar 8,04 persen dari dana yang dipinjamkan," kata Suwhono.

Sementara itu, Dirut PT Pertani, Dwi Antono, menambahkan, sektor pertanian masih mengalami berbagai persoalan sehingga banyak petani yang alih-profesi, hal ini menyebabkan produktivitas menjadi rendah yang berakibat terancamnya ketahanan pangan nasional, program kemitraan antar-BUMN dalam hal pendampingan kepada petani pangan akan potensial untuk meningkatkan produktivitas padi dari 5 ton/ha menjadi 12 ton/ha.

“Kerja sama dengan Pegadaian akan sangat efektif mengatasi masalah pokok petani yakni dalam hal permodalan, budidaya harus dikelola secara korporasi, petani dikumpulkan dan dibimbing oleh BUMN untuk meningkatkan produktivitasnya," ujar Dwi Antono.

Sementara PT Garam mendapatkan Kredit Kemitraan sebesar Rp 3 Miliar untuk program peningkatan pendapatan petani garam di Madura.

Selain itu, Pegadaian juga mengandeng PT BUMN Hijau Lestari I dan PT BUMN Hijau Lestari II untuk menanam dan memelihara tanaman agroforestry dengan memadukannya dengan kegiatan penanaman tanaman kehutanan dengan pertanian atau perkebunan.

Kedua BUMN tersebut akan memfokuskan program Go Green di Daerah Aliran Sungai (DAS) Citarum di Desa Tajungwangi, Kecamatan Cicalengka, Kabupaten Bandung, yang meliputi sub DAS Citarik, DAS Bengawan Solo (Kabupaten Wonogiri), dan DAS Brantas (Kabupaten Malang, Kabupaten Tulungagung, dan Kabupaten Kediri).

"Ada semangat untuk memperluas areal penanaman pohon untuk kesejahteraan kita bersamam, kami harapkan melalui Program Go Green ini akan terwujud kelestarian lingkungan, meningkatnya produktivitas lahan rakyat, menciptakan lapangan kerja baru, serta meningkatkan pendapatan masyarakat di sekitar tempat penanaman," papar Direktur Utama PT Hijau Lestari II Syamsul Bahri.

Sumber: TRIBUNNEWS.COM | Rabu, 14 Desember 2011

Posting Komentar